Warga Inggris Lebih Sehat Daripada Amerika

15 Maret 2011 Artikel Kesehatan


Menurut hasil sebuah riset, warga Inggris menikmati layanan kesehatan yang lebih baik dari Amerika Serikat, meskipun dana dari pemerintahnya untuk sektor kesehatan terbilang lebih sedikit ketimbang AS.

Sementara itu, warga AS, di semua usia, cenderung lebih rentan terhadap penyakit seperti diabetes, kolesterol, dan penyakit jantung, menurut riset yang dilakukan pada 100 ribu orang. Namun, alasannya dibalik perbedaan ini masih menjadi misteri. Tim peneliti Amerika Serikat pun berasumsi pada kurangnya sumber daya manusia. "Atau, ini mungkin karena upaya Inggris terhadap pencegahan penyakit lebih intensif," kata mereka.

Meskipun teknologi medis di Amerika lebih maju, warganya ternyata diketahui kurang mendapatkan upaya pencegahan penyakit ketimbang warga Inggris. Dalam setahun, jumlah warga AS yang berkonsultasi ke dokter terhitung lebih sedikit dan jumlah dokter di 'Negeri Paman Sam' itu pun juga terbilang kurang, menurut laporan di American Journal of Epidemiology edisi Maret 2011.

Para peneliti pun menuturkan, "Mengapa status kesehatan bisa begitu berbeda di antara kedua negara yang juga memiliki sejarah dan budaya yang juga berbeda masih menjadi misteri, bagaikan puzzle yang belum terselesaikan," kata Dr Melissa Martinson, pemimpin riset.

Sumber: mediaindonesia.com