Walau Kadaluarsa, Makanan Ini Bisa Dimakan!

2 Mei 2014 Artikel Kesehatan


Tanggal kedaluwarsa seringkali menjadi perhatian kita sebelum membeli suatu produk makanan. Jika sudah melewati tanggalnya, kemungkinan besar kita tak lagi mau membelinya. Namun, ternyata tidak semua produk kedaluwarsa membahayakan untuk dimakan.

Seperti yang kita ketahui bahwa makanan kadaluarsa umumnya tidak dapat dikonsumsi karena telah terkontaminasi oleh jamur berbahaya. Makanan kadaluarsa jika dikonsumsi akan menimbulkan berbagai macam penyakit pada tubuh manusia, diantaranya diare, muntah-muntah, hingga keracunan. Ancaman bakteri berbahaya seperti salmonella, listeria dan bakteri berbahaya lain juga terdapat pada makanan kadaluarsa.

Ted Labuza, seorang ahli di bidang teknologi pangan menjelaskan bahwa ada beberapa jenis makanan kadaluarsa yang masih aman untuk dikonsumsi. Berikut beberapa daftar makanan yang tetap bisa dimakan walau kadaluarsa:

Daging
Daging yang disimpan di suhu 32-34 derajat celcius punya usia yang cukup lama untuk masih bisa dikonsumsi. Suhu tersebut memungkinkan makanan terhindar dari bakteri sehingga ia tidak rusak. Anda kemudian bisa mengolahnya dengan suhu panas yang membuat bakteri yang tak sengaja menempel saat proses pencairan daging menjadi mati.

Susu
Susu melewati proses pasteurisasi, sehingga seharusnya ia bisa tahan lama disimpan di suhu rendah. Ia juga masih layak konsumsi apabila aromanya tidak berubah.

Makanan kalengan
Umumnya makanan kaleng memberikan waktu 3 tahun penyimpanan sebelum tanggal kadaluarsa. Tetapi tahukah Anda, apabila disimpan di suhu rendah, ia bahkan bisa bertahan selama 7 tahun dan masih bisa dimakan.

Makanan beku
Ted Labuza sendiri tidak pernah melihat tanggal kadaluarsa makanan beku. Ia menyimpan makanan tersebut di freezer, dan freezer sendiri berfungsi membunuh mikrobakteri yang dapat menyebabkan makanan menjadi basi.

Agar tetap enak dimakan, disarankan agar Anda mengemasnya dalam wadah yang benar-benar tertutup agar bunga es tidak masuk ke dalamnya.

Snack kemasan
Keripik atau snack kemasan kering umumnya juga masih bisa dimakan sekalipun lewat tanggal kadaluarsa. Anda harus mencium aromanya terlebih dahulu. Bila tidak ada aroma aneh atau tengik, maka snack aman untuk dimakan.

Telur
Siapa sangka bahwa telur bisa diperpanjang usia konsumsinya. Caranya adalah menyimpan di dalam lemari es. Dan untuk mengetes apakah ia masih segar atau tidak, Anda cukup meletakkannya di dalam mangkuk berisi air. Apabila ia terapung, maka telur tersebut sudah tidak layak makan.

Pasta
Simpan pasta di dalam wadah tertutup dan di dalam gelap untuk memperlama usia konsumsinya. Pasta sensitif akan cahaya sehingga ia harus disimpan di dalam lemari.

Roti
Roti adalah makanan berbahan dasar tepung, sehingga bila disimpan di dalam freezer, usia makannya akan lebih lama. Sekalipun mungkin sudah lewat tanggal kadaluarsa, ia aman untuk dikonsumsi.

Nah, Anda dapat memperpanjang usia konsumsi beberapa makanan. Selama disimpan di tempat yang tidak terjangkau bakteri, sebagian besar makanan bisa dikonsumsi lebih lama. Namun, demi menjaga kesehatan tubuh, sebaiknya tidak terlalu sering mengonsumsi makanan yang tetap bisa dimakan walau kadaluarsa.

Oleh: Ariyanti S
(Dikutip dari berbagai sumber)