Wakame Nan Sehat

3 November 2010 Artikel Kesehatan


Anda sedang memiliki masalah kesehatan dan terpaksa harus pilah pilih makanan? Bisa dipastikan, dari sederet larangan santap itu, dokter pasti akan menganjurkan Anda mengonsumsi sayur dan buah.

Aneka sayur dan buah, biasanya direkomendasikan dokter untuk disantap, karena dua bahan makanan ini banyak mengandung serat. Masalah kesehatan yang timbul di sebagian orang, biasanya karena sistem metabolisme orang tersebut, tidak bagus. Akibat sistem metabolisme yang jelek, maka penyakit pun gampang bercokol di tubuh.

Nah, dari sederet sayur dan buah, ada satu jenis sayur yang berupa rumput laut bernama wakame. Wakame ini adalah nama untuk rumput laut yang biasa dibudidayakan di perairan Jepang dan Korea. Negara Selandia Baru dan Australia, sekarang bahkan ikut-ikutan membudidayakan rumput laut tipis licin berwarna hijau ini. Mau tahu kehebatan wakame ini?

Wakame mengandung fucoxanthin yang menurut penelitian Universitas Hokkaido Jepang, mampu meluruhkan lapisan lemak dalam tubuh. Lemak dalam tubuh, tidak saja membuat sistem metabolisme tidak lancar, akan tetapi juga menjadi tempat mukim beberapa penyakit.

Di dalam tubuh, wakame yang aslinya berasa agak manis ini, mampu mengikat protein lemak dalam tubuh terutama yang ada di sekitar organ-organ vital tubuh seperti lemak sekitar jantung.

Karena kehebatan wakame tersebut tak heran beberapa negara membudidayakannya dan menyajikannya dalam santapan sehari-hari.

Di Jepang, wakame tidak saja tampil dalam racikan salad, tetapi juga dalam seduhan sup miso tofu nan hangat. Pun demikian halnya di Korea.

Sedangkan di Selandia Baru, Australia dan Perancis, wakame ini tidak saja tampil dalam salad, tetapi juga sebagai peneman santap steak dan beberapa olahan appetizer.

Sumber: suarapembaruan.com