Wah! Ternyata Makan Sambil Duduk Lesehan Bisa Buat Tubuh Lebih Sehat

23 Mei 2016 Artikel Kesehatan


Jika Anda sering mampir ke restoran-restoran khas sunda ataupun jawa pasti tersedia ruang makan dengan cara tradisional yaitu duduk di atas lantai atau yang biasa disebut lesehan. Meski tidak semua orang menyukai makan dalam kondisi lesehan, rupanya makan dengan posisi duduk di atas lantai ini memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh Anda lho.

Seperti dilansir oleh indiatimes.com berikut ini adalah beberapa manfaat jika Anda makan dengan posisi duduk lesehan:

Memperlancar Sirkulasi Darah

Makan di lantai juga akan membantu sirkulasi darah lebih lancar dan menguatkan jantung. Saat lesehan jantung akan mendapat manfaat sirkulasi darah yang lebih mudah dipompa melalui jantung.

Melakukan Yoga

Duduk lesehan ketika makan secara tidak langsung Anda telah melakukan gerakan yoga. Postur duduk yang Anda lakukan akan membantu merasa lebih tenang dan melemaskan otot tubuh.

Membantu Proses Pencernaan

Jika makan dengan posisi duduk lesehan, Anda biasanya akan duduk bersila . Nah, pose ini rupanya dapat membantu proses pencernaan Anda. Gerakan sedikit membungkuk ketika mengambil makanan dan kembali ke posisi awal rupanya bisa mengaktifkan otot perut dan juga meningkatkan sekresi lambung dan membuatnya lebih mudah mencerna makanan.

Memperbaiki Postur Tubuh

Tak hanya organ dalam tubuh, makan dengan posisi lesehan juga bisa berguna dalam memperbaiki postur tubuh. Saat duduk di lantai secara otomatis postur Anda akan menyesuaikan posisi yang nyaman, hal ini membuat punggung lebih tegak dan ini akan mengatasi rasa sakit pada persendian karena postur tubuh yang buruk.

Membantu Cepat Kenyang

Pada posisi duduk lesehan ketika makan, secara tidak langsung hal ini akan membantu Anda merasa lebih cepat kenyang. Cocok untuk yang sedang menjalani program diet, dan bisa mencegah Anda dalam mengkonsumsi makanan agar tidak berlebihan. Semoga artikel kesehatan ini bermanfaat!

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)