Wah, Rupanya Wanita Lebih Membutuhkan Waktu Tidur Lebih Lama Dibanding Pria

5 April 2016 Artikel Kesehatan


Tahukah Anda, penelitian baru menunjukan bahwa wanita rupanya membutuhkan waktu tidur lebih lama dibandingkan pria. Pada realitanya, kebanyakan wanita modern saat ini justru memiliki kesibukan yang sama beratnya dengan para pekerja pria. Akibatnya, banyak dari mereka hanya memiliki jumlah tidur yang sedikit.

Seperti halnya studi yang dilakukan oleh Loughborough University’s Sleep Research Center di Inggris, penelitian tersebut menyebutkan bahwa wanita butuh tidur lebih lama dibanding pria karena otak kaum hawa lebih kompleks.

Profesor Jim Horne selaku Direktur Sleep Research Center mengatakan bahwa terdapat perbedaan antara otak wanita dan pria. Selain itu, wanita cenderung melakukan sesuatu secara bersamaan atau multi-task. Hal ini membuat kerja otak wanita jauh lebih banyak dibandingkan otak pria, maka tidur yang cukup adalah salah satu solusi agar fungsi otak pulih kembali.

Menurut penelitian ini, kira-kira waktu yang dibutuhkan wanita untuk tidur rata-rata adalah 20 menit lebih banyak dari biasanya. Akan tetapi, pada kasus lain, akan membutuhkan waktu lebih dari itu untuk terpenuhi kebutuhan tidurnya.

Nah, hindari kurang tidur terutama Anda sebagai seorang wanita. Pada wanita sendiri, kurang tidur memiliki kaitan dengan tekanan psikologis serta depresi yang dialaminya. Jadi, mulai sekarang biasakan untuk menambah waktu tiudur Anda lebih banyak dari biasanya ya!

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)