Wah, Kulit Ternyata Bisa Beritahu Kondisi Kesehatan Tubuh!

15 September 2017 Artikel Kesehatan


Sebagai organ tubuh terbesar, kulit paling bisa menginformasi Anda kondisi kesehatan dalam tubuh Anda. Kulit yang juga merupakan organ luar secara langsung bereaksi dengan virus dan bakteri dari luar. Dengan begitu kulit menampakkan dampak reaksi seperti perubahan warna hingga muncul jerawat yang bisa menjadi menanda penyakit.

Berikut ini perubahan kulit penanda penyakit yang perlu Anda ketahui.

Mata

Kelopak mata memerah atau timbul benjolan pada kelopak mata dapat menandakan alergi atau iritasi dari produk cosmetic, seperti mascara, eye shadow, bahkan shampoo. Alergi makanan juga bisa ditandai dari kelopak mata yang membengkak.

Ruam kulit

Jika terdapat ruam berwarna gelap pada kulit di bagian belakang leher dan sekitar lengan, Anda perlu waspada karena bisa menjadi tanda penyakit diabetes. Area gelap pada kulit tersebut menandakan bahwa tubuh Anda mulai resisten insulin.

Warna kulit

Perubahan warna kulit secara mendadak bisa menjadi tanda penyakit. Kulit yang berubah menjadi agak cokelat bisa jadi tanda kurangnya zat besi dalam tubuh. Kulit yang menguning bisa menjadi tanda gangguan hati.

Jerawat

Ternyata jerawat juga bisa jadi tanda penyakit serius. Anda perlu waspada jika jerawat muncul pada daerah bawah wajah atau garis rahang. Sebab tanda tersebut bisa menjadi tanda sindrom ovarium. Penyakit ini juga memiliki gejala seperti haid yang tidak teratur saat usia 20-an dan perubahan berat badan.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)