Wah! Inilah 5 Khasiat Semut Jepang bagi Kesehatan

3 Agustus 2015 Artikel Kesehatan


Semut, merupakan serangga yang mudah ditemui sehari-hari di berbagai tempat. Namun, tahukah Anda bahwa di Jepang, spesies ini sedang populer digunakan untuk kepentingan kesehatan?

Dalam bahasa Jepang, ‘Ari’ yang berarti semut ini dijadikan solusi pengobatan. Selain itu, masyarakat Jepang sendiri menggolongkan semut sebagai serangga yang setia bagi masyarakat Jepang karena kesetiaan mereka terhadap teman satu kelompok.

Manfaat Kesehatan dan Penyakit

Masyarakat Jepang sendiri sudah sangat hafal dengan banyaknya manfaat semut Jepang sehingga mereka sering menjualnya sebagai oleh - oleh dari negeri sakura tersebut yang ditawarkan ke pada para wisatawan. Mengenai manfaatnya, semut Jepang memang mengandung beberapa zat enzim yang dapat membantu menyembuhkan atau juga mengobati penyakit. Manfaat - manfaat dari semut Jepang diantaranya:

1. Mengatasi penyakit asam urat

Penyakit asam urat biasanya muncul seiring bertambahnya usia seseorang. Namun, asam urat juga dapat disebabkan oleh berbagai faktor dan yang paling dominan adalah karena pola hidup.

Semut Jepang akan mengatasi penyakit yang satu ini juga dan membuat penderitanya akan jarang merasa sakit di bagian sendi yang terkena asam urat.

2. Meringankan penyakit jantung

Menjadi penyakit yang menyebabkan kematian nomor wahid ini, penyakit jantung dapat pula disembuhkan dengan konsumsi semut jepang.

3. Membantu mengobati Stroke

Semut Jepang juga memiliki manfaat untuk membantu mengobati penyakit Stroke. Tentunya tergantung dengan tingkat keseriusan penyakit Stroke sendiri. Bila Stroke telah masuk ke dalam tingkatan tinggi, bisa saja semut Jepang tidak dapat mengobati hanya meringankan.

4. Mengatur tekanan darah

Manfaat lainnya adalah mengatur tekanan darah dalam tubuh. Zat enzim dalam semut Jepang akan membantu mengatur tekanan darah seperti tekanan darah tinggi yang akan berlanjut ke penyakit lainnya.

5. Meringankan Diabetes

Semut memang senang sekali dengan gula tetapi semut Jepang diyakini dapat membantu mengatur jumlah gula dalam tubuh kita khususnya bagi penderita penyakit gula alias Diabetes. Mereka akan menghilankan gula dalam darah yang berelebihan.

Untuk saat ini, cara mengkonsumsi semut Jepang sudah banyak dikemas menjadi capsul yang siap minum. Atau cara yang terdengar cukup ekstrim yaitu memakannya langsung atau dengan mensiasatinya dengan buah yang dicampur semut jepang.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)