Waduh, Ternyata Rasa Kesepian Lebih Berbahaya dari Obesitas Lho!

16 November 2014 Artikel Kesehatan


Pernahkah Anda merasa kesepian karena suatu hal? Atau Anda baru saja putus hubungan dengan kekasih? Rasa kesepian dan tidak dicintai merupakan hal yang tidak enak. Siapapun tidak ingin merasakan hal seperti itu. Tahukah Anda kesepian ternyata memberikan efek yang lebih buruk dibangingkan efek kelebihan berat badan atau obesitas?

Penelitian baru mengungkapkan bahwa rasa kesepian 2 kali lebih berbahaya dibanding obesitas. Seperti dilansir Daily Mail, ketika Anda merasa kesepian dan terpisah dari orang yang dicintai, hal ini bisa meningkatkan tekanan darah yang dapat memicu serangan jantung bahkan stroke. Tidak hanya itu, rasa kesepian juga dapat menurunkan sistem imun tubuh dan meningkatkan depresi.

Hasil ini diutarakan oleh John Cacioppo, seorang profesor psikologi. Beliau menghabiskan waktu selama 20 tahun dalam mempelajari efek buruk dari rasa kesepian pada penelitian sebanyak 2.000 pria yang berusia di atas 50 tahun. John juga menemukan bahwa pria yang merasa kesepian memiliki resiko kematian dua kali lebih besar dibanding pria-pria lain. Hal ini juga berlaku bagi wanita tentunya.

Rasa kesepian juga merusak waktu tidur anda. Sehingga saat bangun keesokan harinya, orang akan merasa lelah. Hal ini diungkapkan oleh Profesoor Cacioppo dari University of Chicago. Mereka yang merasa kesepian akan lebih terbangun sering saat tidur. Hal ini disebabkan orang yang merasa kesepian akan lebih waspada terhadap adanya ancaman sehingga mudah sekali terbangun.

Jadi, carilah hobi ataupun kesenangan yang lain. Berlarut dalam kesedihan juga tidak akan bagus untuk tubuh. Jalin komunikasi dengan keluarga juga teman. Coba untuk memelihara hewan seperti kucing ataupun anjing untuk mengurangi rasa kesepian Anda.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)