Vitamin Wajib bagi Ibu Perokok yang Hamil

29 Mei 2012 Artikel Kesehatan


Bagi ibu hamil yang tidak bisa berhenti merokok secara signifikan, Anda dapat meningkatkan fungsi paru-paru bayi saat baru lahir dengan mengonsumsi vitamin C setiap hari.

Ini adalah kesimpulan dari sebuah studi baru di Oregon Health and Science University Doernbecher Children's Hospital. "Merokok selama kehamilan diketahui memengaruhi perkembangan paru-paru bayi yang sedang berkembang. Ini menyebabkan fungsi paru-paru menurun dan meningkatkan risiko asma," kata Cindy McEvoy, MD, MCR, ahli neonatologi dan profesor pediatri.

"Kami menemukan bahwa bayi dari ibu hamil yang merokok tapi meminum 500 miligram vitamin C setiap hari akan mengalami peningkatan fungsi paru yang diukur sekitar 48 jam setelah melahirkan," katanya.

Dalam penelitian awal, McEvoy memantau 159 ibu hamil yang tidak mampu berhenti merokok. Mereka diminta meminum vitamin C setiap hari atau plasebo pada usia kehamilan 22 minggu sampai melahirkan. Sekelompok ibu hamil yang tidak merokok juga dipelajari sebagai kelompok referensi.

Para peneliti mengukur fungsi paru pada semua bayi baru lahir sekitar 48 jam dan menemukan bayi dari ibu merokok yang menerima suplemen vitamin C mengalami peningkatan fungsi paru-paru jika dibandingkan dengan bayi baru lahir dari ibu merokok yang menerima plasebo.

"Membuat ibu untuk berhenti merokok selama kehamilan harus menjadi prioritas, tapi studi ini memberikan cara yang berpotensi membantu bayi yang ter lahir dari ibu yang tidak bisa berhenti merokok saat hamil," kata McEvoy. "Suplemen vitamin C dapat memblokade beberapa efek merokok pada pengembangan paru-paru janin."

Ia melanjutkan, "Temuan kami penting karena tes fungsi paru-paru pada saat lahir dikaitkan dengan potensi mengi dan asma di masa kecil. "Vitamin C adalah pengobatan yang sederhana, aman, dan murah yang dapat menurunkan dampak dari merokok selama kehamilan," kata McEvoy.

Sumber: mediaindonesia.com