Vitamin D Efektif Cegah Sakit

14 April 2011 Artikel Kesehatan


Kaum perempuan bisa mencegah risiko penyakit mata yang menyebabkan kebutaan hanya dengan mengasup suplemen vitamin D. Vitamin ini bisa menangkal kehilangan penglihatan akibat degenerasi makula terkait usia (AMD) pada perempuan berusia kurang dari 75 tahun.

Tingginya kadar vitamin D dikaitkan dengan penurunan risiko signifikan AMD. Kondisi ini disebabkan oleh kerusakan progresif di pusat retina di belakang mata. AMD memengaruhi sekitar 2 persen orang berusia lebih dari 50 di negara maju.

Data sebanyak 1.313 perempuan yang ikut ambil bagian dalam penelitian skala besar ini dianalisis oleh para peneliti di AS. Mereka menemukan bahwa pada perempuan berusia kurang dari 75 tahun, baik kadar vitamin D dalam darah maupun konsumsi vitamin tersebut dari makanan dan suplemen dikaitkan dengan penurunan risiko AMD awal.

Mereka juga menemukan bahwa perempuan dengan asupan vitamin D tinggi 59 persen berisiko lebih rendah terserang penyakit.

Namun, hasil ini tidak berlaku untuk vitamin D yang didapatkan dari sinar matahari, tapi hanya pada perempuan yang mengkonsumsi vitamin D dari makanan dan suplemen.

Dalam studi tersebut, ditemukan juga, sumber makanan paling baik untuk vitamin D yakni susu, ikan, dan margarine.

Tim ilmuwan yang dipimpin oleh Dr Amy Millen dari Buffalo University, New York, menulis dalam jurnal Archives of Ophthalmology, seperti dikutip dari Daily Mail, Senin (11/.4), "Studi lebih lanjut diperlukan untuk memverifikasi hubungan ini dan juga untuk lebih memahami potensi interaksi antara status vitamin D dan genetik serta gaya hidup faktor yang berkaitan dengan risiko AMD awal."(Pri/OL-06)

Sumber: mediaindonesia.com