Vitamin A Turunkan Angka Kematian

5 September 2011 Artikel Kesehatan


Hasil sebuah studi telah menyebutkan bahwa anak-anak di negara berpenghasilan rendah dan berkembang haruslah diberikan suplemen vitamin A untuk mencegah kematian dan penyakit lainnya.

Vitamin A adalah nutrisi esensial yang harus diperoleh melalui makanan. Kekurangan vitamin A pada anak-anak bisa meningkatkan kerentanan terhadap infeksi seperti diare dan campak dan kebutaan.

Sebuah tim peneliti yang berbasis di Inggris dan Pakistan menganalisis hasil dari 43 percobaan suplementasi vitamin A yang melibatkan lebih dari 200 ribu anak usia 6 bulan sampai 5 tahun.

Mereka menemukan suplemen vitamin A menurunkan angka kematian anak sebesar 24 persen di negara berpenghasilan rendah dan berkembang. Hal ini juga dapat mengurangi angka kematian dan kecacatan dengan mencegah campak, diare, dan masalah penglihatan, termasuk kebutaan.

Para penulis mengatakan bahwa jika resiko kematian bagi 190 juta anak kekurangan vitamin A berkurang 24 persen, lebih dari 600 ribu nyawa akan diselamatkan setiap tahunnya dan 20 juta kecacatan akan berkurang. "Bukti tentang vitamin A ini menarik dan jelas percobaan lebih lanjut guna membandingkan vitamin A dengan plasebo tidak akan ada manfaatnya," kata mereka. Studi ini telah dipublikasikan di BMJ edisi Agustus 2011. (Pri/OL-06)

Sumber: mediahidupsehat.com