Usir Sinus dengan Lilin Telinga

28 September 2009 Artikel Kesehatan


Dalam terapi ini, lilin (pipa berisi kapas yang dipenuhi dengan lilin lebah dan minyak obat) akan dinyalakan dan ujung yang tidak menyala akan dimasukkan ke dalam telinga secara perlahan. Hal ini akan menimbulkan daya tarik ringan (efek tabung/cerobong asap) yang bekerja dengan menarik semua kotoran secara perlahan ke permukaan. Dengan begitu, kotoran bisa diangkat dan dibersihkan.

Selain itu, gerakan api akan menciptakan getaran dalam aliran udara sehingga berfungsi sebagai pijatan lembut terhadap gendang telinga. Pijatan hangat dan lembut ini akan membersihkan bagian dalam telinga dan sinus-sinus, menciptakan efek nyaman dan menenangkan serta memperbaiki kesehatan secara umum.

Proses terapi. Selama menjalani terapi, Anda akan diminta berbaring dengan posisi miring sambil mendengarkan musik yang membuat Anda semakin relaks. Kemudian terapis akan menempatkan lilin ke dalam saluran pendengaran dan menyalakannya.

Lilin tersebut akan dipegang dalam posisi vertikal oleh terapis. Jangan cemas dengan lelehannya, terapis akan memastikan telinga Anda bebas dari bekas lelehan. Dalam proses ini, Anda akan mendengar bunyi lilin terbakar yang menenangkan serta kehangatan yang membuat Anda lebih nyaman. Hal ini dilakukan sama persis dengan telinga yang lain pula.

Manfaat. Efek pijatan lembut pada telinga bisa membantu meredakan berbagai masalah mulai dari sinus yang terhambat hingga alergi, mampat, sakit telinga dan ketidakseimbangan di dalam telinga. Selain itu, terapi ini juga dinyatakan bisa membantu tidur nyenyak, membantu mencerahkan pikiran dan meningkatkan konsentrasi. Di samping itu, terapi ini dinyatakan efektif untuk:

Mengatasi kelebihan lilin yang telah mengeras di dalam telingaIritasi di dalam telinga dan sinusMengatur tekanan dalam masalah sinusitis/rhinitis, demam, flu, sakit kepala atau migrainMenstimulasi aliran energi refleksMemperbaiki gangguan pendengaranMerilekskan dan meredakan efek stresMengatasi bunyi berdenging di telinga
Jika Anda tertarik mungkin Anda bisa mempraktikan sendiri di rumah dengan lilin terapi yang bisa dibeli di toko-toko kosmetik. Namun jika Anda merasa kurang percaya diri untuk mencoba sendiri, Anda bisa datang pada terapis yang tepat di salon-salon kecantikan atau tempat yang menyediakan layanan spa. (OL-08)

sumber: mediaindonesia.com/mediahidupsehat