Usir Ampuh Badmood dengan Makanan Berikut

13 Agustus 2017 Artikel Kesehatan


Makanan di samping menjadi kebutuhan primer manusia, rupanya makan juga dapat mempengaruhi pikiran dan suasana hati lho. Tak heran terkadang jika stres, kita akan cenderung ingin mengonsumsi makanan tertentu.

Suasana hati yang buruk atau badmood memang tidak dapat diduga-duga. Akan tetapi, terkadang banyak orang dapat dengan mudah mengatasinya dengan beberapa cara termasuk makan. Lalu, apa sajakah makanan yang dapat mengusir badmood? Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah makanan pengusir badmood yang bisa Anda coba.

Gula-Gula

Makanan manis memang terbukti ampuh dalam meredam badmood Anda. Makanan manis seperti cokelat, cookies, cakes dan kue kering nyatanya mampu membuat perasaan senang datang saat mengkonsumsi makanan tersebut. Hal ini karena kandungan makanan manis yang dapat meningkatkan kadar serotonin (hormon bahagia) dalam darah, mengatasi badmood, maupun rasa cemas.

Teh hijau

Saat di sekitar Anda terasa menyebalkan, merasa cemas dan membuat Anda tidak rileks, cobalah redam itu semua dengan secangkir teh hijau hangat. Kandungan theanine pada teh hijau mampu tenangkan pikiran dan hati Anda. Dengan begitu, badmood pun dapat teratasi.

Kentang Goreng

Kalau masalah makanan yang dapat menghilangkan badmood mungkin kentang goreng atau french fries bisa dijadikan list menu Anda. Para pakar menjelaskan bahwa makanan ini bisa memberi efek rileks dan menenangkan.

Sereal + Susu

Menu sarapan satu ini ternyata mampu redamkan badmood Anda. Hal ini karena kandungan dalam sereal dan susu yang Anda konsumsi dapat meningkatkan produksi serotonin, hormon yang dapat membuat perasaan Anda menjadi tenang, rileks dan bahagia.

Akan tetapi, perlu diingat makanan-makanan tersebut hanya boleh dikonsumsi sekadarnya. Konsumsi berlebihan justru akan menimbulkan banyak penyakit.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)