Ubi Jalar, Makanan Sederhana Kaya Manfaat bagi Kesehatan

2 Maret 2014 Artikel Kesehatan


Ubi jalar atau ketela rambat (Ipomoea batatas L.) adalah sejenis tanaman budidaya. Bagian yang dimanfaatkan adalah akarnya yang membentuk umbi dengan kadar gizi (karbohidrat) yang tinggi. Rata-rata semakin tinggi tingkat sosial seseorang, maka ia akan semakin lupa terhadap hal-hal yang sederhana. Termasuk dengan ubi jalar ini, yaitu salah satu makanan sederhana yang identik dengan kesederhanaan.

Namun, beberapa orang yang tahu akan manfaat ubi jalar ini, justru mereka berusaha untuk selalu menghadirkan makanan tradisional ini pada meja makan mereka. Lalu, apa saja sih manfat ketela rambat atau yang biasa dikenal dengan ubi jalar ini bagi kesehatan?.

Ubi jalar menurut penelitian yang dilakukan lembaga P3TPI terbukti rendah kalori dan mengandung antioksidan, betakaroten dan antosianin. Selain itu, ketela rambat ini juga banyak mengandung beberapa vitamin penting seperti vitamin C, B2, B6, D, E dan biotin.

Beberapa manfaat makan ubi jalar antara lain:
1.Menjaga Kesehatan Mata
Ubi jalar sangat kaya akan vitamin A yang merupakan nutrisi penting untuk menjaga kesehatan mata.

2.Memperkuat Daya Tahan Tubuh
Makan ubi jalar dapat meningkatkan imunitas tubuh karena ubi jalar banyak mengandung vitamin C yang berperan penting menjaga daya tahan tubuh dan bertindak sebagai antioksidan yang mencegah kerusakan sel.

3.Membantu Pencernaan
Kurang konsumsi serat dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Ubi jalar banyak mengandung serat yang sangat dibutuhkan untuk melancarkan pencernaan.

4.Mengurangi Resiko Penyakit Jantung dan Stroke
Makan ubi jalar dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke. Ubi jalar banyak mengadung vitamin B6 yang bermanfaat mencegah peningkatan homosistein (homocysteine) dalam darah. Jika kadar homosistein dalam darah terlalu tinggi maka akan meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke.

5.Mengendalikan Tekanan Darah
Ubi jalar banyak mengandung mineral potassium (kalium). Potassium berperan penting dalam mengendalikan tekanan darah sehingga mengurangi resiko tekanan darah tinggi.

6.Menjaga Kesehatan Kulit
Makan ubi jalar juga bermanfaat bagi kulit karena ubi jalar mengandung vitamin E. Vitamin E diketahui sangat bermanfaat menjaga kesehatan kulit.

7.Mengurangi Resiko Osteoporosis
Ubi jalar banyak mengandung vitamin D yang diketahui berperan penting dalam untuk pembentukan tulang dan menjaga kepadatan tulang. Makan ubi jalar dapat mengurangi resiko tulang keropos (osteoporosis).

8.Mengurangi Resiko Radang Sendi
Makan ubi jalar dapat mengurangi resiko radang sendi. Ubi jalar banyak nmengandung beta-cryptoxanthin yang berkhasiat mencegah dan mengobati radang sendi (arthritis).

Bagaimana,apakah masih kurang percaya dengan manfaat baik dari makanan sederhana ini?

Semoga bermanfaat!

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)