Uang Redakan Sakit

13 April 2010 Artikel Kesehatan


Sakit kepala atau sakit punggung? Mungkin yang Anda perlukan adalah segepok uang. Peneliti mengungkap, memegang uang merupakan cara efektif meredakan atau mencegah rasa sakit.

Peneliti menemukan, partisipan yang menghitung uang sebelum ambil bagian dalam percobaan (di mana mereka dipapar dengan rasa sakit tingkat rendah), merasakan lebih sedikit ketidaknyamanan dibandingkan partisipan yang sebelumnya tidak menghitung uang.

Apa pengaruhnya? Memegang uang kertas dan uang logam, terang peneliti, diyakini membantu melawan rasa sakit dengan cara meningkatkan perasaan berharga dan pemenuhan diri.

Studi-studi sebelumnya, terang peneliti, telah menunjukkan bahwa mereka yang memiliki perasaan berharga lebih tinggi cenderung bisa menahan rasa sakit. Memegang uang, menurut peneliti, tentunya jauh lebih baik dibandingkan menghabiskan uang untuk membeli obat penghilang rasa sakit. Warga Inggris, berdasarkan data peneliti, menghabiskan 500 juta euro per tahun untuk membeli obat penghilang rasa sakit.

Dalam studi terbaru dari University of Minnesota ini, para mahasiswa secara acak diminta menghitung segepok uang yang terdiri dari 80 lembar uang 100 dolar atau 80 lembar kertas kosong. Para partisipan tidak mengetahui tujuan sebenarnya. Peleiti menginformasikan bahwa aktivitas tersebut bertujuan untuk melihat ketangkasan mereka menghitung uang.

Selanjutnya, mereka diminta mencelupkan tangah ke dalam semangkuk air panas."Untuk melihat tingkat rasa sakit dan berapa lama mereka bisa bertahan," terang peneliti, seperti dikutip situs dailymail.co.uk, Senin (12/4).

Studi yang dipublikasikan di jurnal Psychological Science ini menemukan, mereka yang sebelumnya memegang dan menhitung uang melaporkan rasa sakit yang lebih ringan. (IK/OL-08)

sumber: mediaindonesia.com/mediahidupsehat