Turunkan Risiko Kanker pada Tubuh dengan Cara Sederhana Ini

5 Agustus 2019 Artikel Kesehatan


Perlu diketahui, hampir 40% risiko kanker disebabkan oleh gaya hidup yang salah, kurang menjaga kesehatan, stres berat dan adanya riwayat keluarga. Meski begitu, sampai saat masih banyak orang yang tidak sadar bahwa dirinya tengah menderita kanker atau berisiko kanker dalam dirinya. Sampai saat ini, belum ada obat pasti yang dipercaya mampu menyembuhkan kanker. Meskipun seseorang pernah dinyatakan sembuh dari kanker, cepat atau lambat sel kanker dalam tubuh yang tersisa, bisa kembali menyerang dan mengancam nyawa orang tersebut. Sebuah study yang dilakukan di The British Journal of Cancer mengemukakan, ada beberapa cara mudah dan sederhana turunkan serta cegah risiko kanker dalam tubuh.

Jaga Berat Badan

Untuk jauh dari risiko kanker, usahakan untuk selalu menjaga berat badan Anda. Pastikan bahwa Anda memiliki berat badan ideal atau normal. Dan untuk dapatkan berat badan ideal ini, sangat perlu bagi Anda menjaga pola makan, memiliki olahraga cukup serta penuhi kebutuhan air putih cukup. Seseorang dengan kelebihan berat badan dikatakan akan lebih berisiko terhadap beberapa jenis kanker, kerusakan ginjal, kerusakan kandung empedu dan penyakit berbahaya lain. Bahkan, sebuah penelitian di Amerika menyebutkan bahwa lebih dari 12.000 kasus kanker, lebih dari setengah disebabkan oleh berat badan berlebih dan pola hidup yang tidak sehat.

Berhenti Merokok

Ketika Anda ingin terbebas atau jauh dari risiko kanker, pastikan untuk segera berhenti merokok ataupun hindari menghirup asap rokok. Beberapa study menyebutkan bahwa zat nikotin dan zat aktif yang ada pada rokok maupun asap rokok sangat berpotensi menyebabkan pertumbuhan sel kanker pada tubuh. Rokok tidak hanya menjadi penyebab utama kanker utama kanker Paru-paru dan Jantung, namun juga berisiko untuk semua jenis kanker. Jadi, jika ingin sehat dan bebas dari kanker, pastikan untuk berhenti merokok atau berhubungan dengan rokok.

Hindari Stres

Salah satu penyebab utama mudahnya sel kanker tumbuh pada tubuh seseorang adalah stres dan pikiran yang tidak stabil. Ketika Anda menginginkan tubuh sehat dan terbebas dari kanker, cobalah untuk selalu bahagia, menghindari stres berat serta miliki pikiran yang tenang. Dari beberapa study yang dilakukan, seseorang yang memiliki kebahagiaan lebih banyak, dinyatakan bisa lebih sehat, lebih kuat dan memiliki kekebalan tubuh lebih baik jika dibandingkan dengan orang yang seringkali dilanda stres. Orang-orang yang bisa mengontrol emosinya dengan baik bahkan lebih rendah terjangkit risiko kanker.

Mendapatkan sinar matahari yang cukup

Tuhan menciptakan matahari sebagai sumber kehidupan di dunia selain dari pada air. Tentu saja hal itu banyak berguna bagi tubuh manusia selain untuk menerangi alam saja.
Sinar matahari terutama dipagi hari dapat meningkatkan kadar vitamin D dalam tubuh yang dapat mengurangi resiko terkena serangan kanker. Hasil tes laboratorium yang dilakukan para peneliti dari Kanada menunjukan bahwa sel-sel payudara dapat mengubah vitamin D menjadi hormon yang bersifat anti kanker

Konsumsi Sayur dan Buah

Jika Anda adalah seseorang yang sangat benci dengan buah dan sayur, hal ini tentu sangat disayangkan. Beberapa sayur dan buah dipercaya memiliki nutrisi dan vitamin yang mampu membunuh sel kanker dalam tubuh. Bahkan, sayur brokoli dan sayur kubis disebut-sebut mengandung banyak glucosinolates dimana zat ini adalah zat anti kanker. Study yang dilakukan di Gynecologic Oncology, menyatakan bahwa sayur dan buah adalah makanan alami yang bisa dengan cepat membunuh sel kanker dalam tubuh. Jika dibandingkan daging atau makanan lain, sayur dan buah adalah makanan yang efektif menurunkan serta menyembuhkan risiko semua jenis kanker.

Selain hal di atas, agar terhindar dari risiko kanker, pastikan untuk rutin olahraga setidaknya mengeluarkan keringat minimal 30 menit dan minum air putih minimal 8 gelas perhari.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)