Turunkan Risiko Diabetes Tipe 2 dengan Yoghurt

18 September 2016 Artikel Kesehatan


Diabetes merupakan penyakit jangka panjang yang biasanya ditandai dengan kadar gula yang tinggi. Diabetes dibagi di dalam dua kategori, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Sedangkan kasus diabetes yang sering ditemukan pada masyarakat adalah diabetes tipe 2, bahkan sekitar 80% dari total penderita diabetes. Apakah itu diabetes tipe 2? Penyakit dibetes tipe 2 dapat terjadi karena menurunnya produksi insulin di dalam tubuh dan menyebabkan tidak dapat berfungsi dengan maksimal, dampak yang lain adalah tubuh mulai kurang peka terhadap insulin. Reaksi diabetes yang seperti ini dikenal dengan istilah resistansi insulin dan defisiensi insulin relatif. Diabetes tipe 2 ini juga biasanya menyerang orang yang berusia diatas 40 tahun. Tetapi lambat laun penderita penyakit ini juga menyerang orang dengan usia yang masih muda. Diabetes tipe 2 kabarnya sering dialami oleh etnis Asia.

Memang gejala penyakit diabetes tipe 2 sangat bervariasi, tetapi ada beberapa yang sama dengan diabetes tipe 1, gejala tersebut adalah sebagai berikut:

*. Seringnya buang air kecil, paling sering di malam hari
*. Sering haus dan mudah lelah atau capek
*. Massa otot yang berkurang
*. Berat badan yang mengalami penurunan

Tetapi jangan khawatir karena ada cara alami untuk menurunkan risiko diabetes tipe 2, yaitu menggunakan yoghurt.

Sebuah studi terbaru yang dilakukan Universitas harvard menyebutkan bahwa dengan rajin mengkonsumsi yoghurt dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2. Dan manfaat ini tidak Anda dapatkan pada produk susu yang lainnya. Seperti yang diketahui bahwa yoghurt merupakan produk olahan susu melalui proses fermentasi bakteri asam laktat. Salah satu bakteri tersebut adalah Streptococcus thermophilus. Sehingga yoghurt memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.

Yoghurt kaya akan vitamin D, probiotik, dan kalsium. Bahkan beberapa orang menjadikan yoghurt sebagai bagian dari gaya hidup yang sehat dan dapat memperpanjang umur. Dengan rajin mengkonsumsi yoghurt maka risiko terkena diabetes tipe 2 dapat diminimalkan dan ini adalah sesuatu yang tidak didapatkan pada produk olahan susu yang lain.

Jadi, risiko diabetes tipe 2 dapat diminimalkan dengan mengkonsumsi yoghurt, menjaga pola hidup sehat, rajin berolahraga, tidak terlalu banyak mengkonsumsi gula.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)