Turunkan Kolesterol dengan Mengkonsumsi Lemak Ini

15 November 2016 Artikel Kesehatan


Banyak beranggapan bahwa lemak adalah salah satu nutrisi yang harus dihindari agar dapat hidup sehat. Tetapi sebenarnya anggapan itu tidak sepenuhnya salah, mengapa demikian? Karena memang seringkali gangguan kesehatan timbul dikarenakan kadar lemak di dalam tubuh. Dan lemak tidak sepenuhnya berbahaya bagi tubuh, Anda harus tahu bahwa tidak selamanya lemak itu dapat merugikan kesehatan. Karena secara umum lemak itu dibagi ke tiga jenis, yaitu: lemak jenuh, lemak tak jenuh, dan lemak trans. Lemak jenuh dan lemak trans inilah yang patut diwaspadai, karena dapat meningkatkan kolesterol jahat di dalam darah (LDL) sehingga dapat mengakibatkan timbulnya plak atau penyumbatan dalam pembuluh darah. Jika hal ini dibiarkan dalam waktu yang lama, maka bisa memicu timbulnya penyakit kardiovaskular seperti tekanan darah tinggi, jantung, hingga stroke.

Sedangkan lemak tidak jenuh lebih dikenal sebagai jenis lemak yang ‘baik’ dan bersifat menguntungkan bagi kesehatan. Bahkan menurut ahli kesehatan jenis lemak ini dapat meningkatkan sistem antibodi pada tubuh, dapat menurunkan kolesterol dalam darah, dan dapat menurunkan penyakit kardiovaskular. Ada beberapa makanan yang wajib Anda konsumsi dan makanan ini merupakan sumber lemak sehat. Bahkan dapat Anda masukkan ke dalam menu diet Anda untuk menurunkan kolesterol, diantara:

Ikan

Sudah bukan rahasia umum lagi jika ikan memberi banyak manfaat bagi kesehatan bagi yang rajin mengkonsumsinya. Karena ikan merupakan sumber protein. Agar Anda mendapatkan manfaat yang maksimal, sebaiknya memilih jenis ikan seperti: ikan salmon, ikan sarden, dan tuna. Karena jenis ikan ini memiliki kandungan asam omega -3 yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan ikan yang lain. Jenis lemak tak jenuh di dalam ikan ini dapat berfungsi untuk mengontrol tekanan darah, membantu menurunkan kolesterol darah, serta dapat mengurangi pembekuan darah penyebab darah tersumbat.

Kacang-kacangan

Orang awam mungkin akan menghindari kacang-kacangan agar tidak terkena penyakit seperti asam urat, umumnya pada usia tua. Tetapi sebenarnya jika dapat memilih jenis kacang-kacangan yang tepat dan dikonsumsi dengan takaran sesuai maka dapat memberikan manfaat yang lebih baik bagi tubuh. Karena kacang-kacangan dapat mengurangi kadar kolesterol jika anda mau memasukkannya dalam menu makanan setiap harinya. Bahkan lemak yang terkandung di dalam kacang-kacangan ini termasuk dalam golongan lemak tak jenuh. Jenis kacang yang dapat Anda konsumsi seperti: almond, kacang tanah, kacang mete, dan Haleznut, karena merupakan jenis lemak tak jenuh tunggal. Sedangkan walnut merupakan jenis kacang yang mengandung Omega-3 yang cukup tinggi dan juga mengandung lemak tak jenuh ganda.

Minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan jenis minyak yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Kandungan minyak zaitun adalah lemak tak jenuh tunggal yang cukup tinggi, sehingga memberikan dampak positif bagi penurunan kadar kolesterol. Oleh karena itu jika Anda memasak sebaiknya memilih minyak zaitun jika dibandingkan dengan minyak kelapa atau mentega yang mengandung lemak jenuh.

Lemak yang baik adalah jenis lemak tak jenuh yang justru memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan, seperti mencegah penyakit jantung, menurunkan kolesterol jahat, baik untuk kesehatan otak, dan lain sebagainya. Semua manfaat sehat ini anda dapatkan jika mau mengkonsumsi ikan, kacang-kacangan, dan minyak zaitun.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)