Turunkan Kolesterol dengan Kombinasi Jus Buah

16 Oktober 2018 Artikel Kesehatan


Peningkatan kadar kolesterol di dalam darah umumnya terjadi setelah mengkonsumsi makanan yang berlemak. Hal ini tanpa disadari dapat mengakibatkan berbagai macam gangguan di dalam tubuh, seperti jantung dan stroke. Kebanyakan orang mengetahui kadar kolesterol-nya tinggi setelah merasakan masalah di tubuhnya. Untuk kondisi demikian sudah dapat dikatakan terlambat dan setelah dilakukan pengecekan laboraturium ternyata kadar kolesterol di atas normal. Jika sudah berada di dalam kondisi ini, jalan satu-satunya adalah berkonsultasi kepada dokter dan mendapatkan perawatan yang tepat untuk menurunkan kadar kolesterol tersebut. Tentu saja dokter akan memberikan pengobatan secara medis menggunakan obat kimia.

Sebenarnya ada solusi yang lebih alami dan tanpa menyebabkan efek samping, solusinya Anda dapat menggunakan buah-buahan yang biasa dikonsumsi setiap hari. Buah berfungsi sebagai makanan alami yang menyehatkan dan seharusnya mendapat porsi lebih besar jika dibandingkan makanan berlemak yang biasa anda konsumsi setiap harinya. Anda pasti sudah memahami jika buah-buahan adalah bahan alami yang kaya akan serat, mengandung antioksidan, dan dapat mencukupi kebutuhan harian akan vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh agar tetap sehat. Tidak salah jika buah di gunakan sebagai bahan untuk terapi kesehatan, bahkan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Bagaimana cara membuatnya? Caranya cukup mudah dan terbilang murah, karena anda dapat mengolah buah-buahan ini menjadi minuman kesehatan alami yaitu jus.

Beberapa kombinasi jus buah untuk menurunkan kolesterol:
1. Kombinasi jus pepaya, pisang, dan jeruk
Yang perlu disiapkan 120 gram pepaya yang telah dikupas dan dipotong-potong, tambahkan dengan 2 buah pisang yang telah dikupas dan dipotong-potong, 2 jeruk kupas yang dipisahkan kulit ari-nya. Cara membuatnya adalah campurkan potongan pepaya, pisang, dan jeruk ke dalam blender, kemudian tambahkan air matang sebanyak dua gelas dan blender hingga hancur. Nah, sebelumnya jus diminum, Anda dapat menyaringnya terlebih dahulu dan bisa ditambahkan es batu jika Anda suka.

2. Kombinasi jus wortel, apel, dan buah bit
Bahan yang perlu disiapkan adalah 3 buah wortel ukuran sedang, satu buah apel, dan satu buah bit yang ketiga buah ini dikupas dan dipotong-potong, satu sendok teh lada hitam dalam bentuk bubuk, es batu secukupnya. Cara membuatnya adalah campurkan potongan wortel, apel, dan buah bit dengan air secukupnya dan blender sampai halus. Kemudian saring sampai halus dan tambahkan bubuk lada hitam, aduk hingga rata, bila anda suka dapat menambahkan es batu.

3. Jus kombinasi buah belimbing, jambu biji, dan rambutan
Siapkan 100 gram jambu biji merah, 50 gram buah belimbing, 50 gram rambutan, setengah gelas air putih. Ketiga jenis buah tersebut telah dikupas dan dipotong-potong sebelumnya.Cara membuatnya adalah campurkan jambu biji, belimbing, dan rambutan, serta air putih, kemudian blender hingga menjadi halus. Setelah itu Anda saring dan selanjutnya dapat ditambahkan es batu bila Anda suka.

4. Kombinasi buah mangga, sari jeruk keprok, dan jambu biji
Siapkan 100 gram jambu biji yang telah dikupas dan dipotong, 100 gram mangga yang juga telah dikupas serta dipotong, setengah gelas air sari jeruk keprok, setengah gelas yoghurt tanpa rasa atau plain yoghurt.Cara membuatnya adalah campurkan semua bahan menjadi satu ke dalam blender, termasuk yoghurt dan air sari jeruk keprok, setelah itu blender sampai benar-benar halus. Setelah itu dapat dinikmati dengan tambahan es batu.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)