Turun, Jumlah Kolesterol dalam Telur

10 Februari 2011 Artikel Kesehatan


Kabar gembira bagi para pencinta telur. Departemen Pertanian Amerika Serikat (US Departement of Agriculture/USDA) Selasa (8/2) mengumumkan adanya perubahan nutrisi dalam telur, salah satunya kandungan kolesterol yang menurun.
Berdasarkan evaluasi rutin terhadap kandungan nutrisi dalam makanan yang dilakukan USDA terhadap makanan lokal ditemukan, dibandingkan dengan di tahun 2002, telur-telur yang beredar saat ini kolesterolnya 14 persen lebih rendah dan memiliki lebih banyak vitamin D (64 persen).

Dalam satu butir telur berukuran besar kini hanya terdapat 185 mg kolesterol, turun dari 212 mg dan 41 IU vitamin D atau naik 18 IY vitamin D. Sementara itu kandungan kalori dalam telur masih sama yakni 70 kalori dan 6 gram protein.

The American Egg Board menyebutkan perubahan tersebut dipengaruh oleh faktor pemberian makanan ternak ayam, termasuk penambahan suplemen vitamin D.

Meski jumlah kolesterolnya lebih sedikit, namun menurut Dietary Guidelines for Americans, orang dewasa disarankan untuk membatasi asupan kolesterolnya kurang dari 300 mg per hari sehingga sebutir telur masih mengandung kolesterol separuh dari yang disarankan. Padahal asupan kolesterol juga didapatkan dari jenis makanan lain.

Sumber: kompas.com