Tujuh Kunci Motivasi Langsing Ideal

23 November 2009 Artikel Kesehatan


MENURUNKAN berat badan kedengarannya bukan hal yang mudah dan seringkali menghadirkan frustasi, khsusnya jika Anda tidak sabar melihat perubahan hasilnya. Tapi, Anda tetap bisa mendapatkan bentuk tubuh impian dengan menjaga semangat Anda. Bagaimana caranya? Berikut beberapa langkah yang bisa membuat Anda terdorong dan tetap semangat menjalani program penurunan berat badan.

Gambarkan bentuk tubuh Anda. Jika sebelumnya Anda bangga dengan perut rata dan sekarang harus membawa kelebihan lemak di perut, tidak perlu menyalahkan diri Anda. Ambillah foto Anda sekarang dan bandingkan dengan foto Anda sebelumnya. Tempatkan di setiap titik yang strategis seperti meja kerja, lemari hias, atau di dapur.

Hal ini berfungsi untuk membawa Anda pada kenangan dan perasaan Anda saat memiliki bentuk tubuh ideal. Cara ini akan menggugah Anda untuk mendapatkan kembali perasaan tersebut. Beberapa minggu pertama, Anda mungkin akan merasa tertekan dan tidak semangat. Akan tetapi, begitu Anda berhenti menyalahkan diri sendiri, kemarahan akan muncul dan menggerakkan Anda untuk mulai melakukan usaha menurunkan berat badan.

Keluarkan jins favorit Anda. Sama seperti melihat foto sebelumnya, melihat kembali jins favorit yang sudah dipensiunkan selama beberapa bulan atau tahun dan menggantungnya di tempat yang mudah dilihat setiap hari akan membuat Anda terdorong.

Jins favorit ini beperan mengingatkan kembali penampilan Anda sebelumnya sekaligus menghadirkan fakta bahwa berat badan Anda sekarang harus diturunkan.

Rencanakan ke depan. Jika Anda sangat ingin memiliki kembali ukuran pinggang sebelumnya, belilah rok, celana, atau ikat pinggang yang pas dengan ukuran semula. Anggap saja ini investasi sekaligus menjadi motivasi Anda menurunkan berat badan.

Sediakan catatan. Saat Anda memanjakan diri dengan makanan berlebih dan memenuhi selera absen olahraga, mulailah sediakan kertas dan pulpen kemudian tulis hal-hal yang Anda lakukan. Cari tahu alasan Anda melepaskan diri dari olahraga dan pola makan sehat serta temukan cara yang perlu dilakukan untuk memperbaikinya. Cara ini bisa membantu Anda menemukan solusi konkrit.

Carilah teman olahraga. Buatlah jadwal olahraga teratur dengan teman Anda. Fakta bahwa ada seseorang yang menunggu Anda di gym atau memenuhi ajakan teman akan membuat Anda terdorong untuk hadir.

Perhatikan ancaman kesehatan. Jika Anda kelebihan berat badan hingga 13 kg, Anda tidak hanya merusak penampilan tetapi juga membahayakan kesehatan Anda. Jika ukuran baju tidak cukup memotivasi Anda, perhatikan ancaman kesehatan yang bisa menyerang seperti diabetes dan serangan jantung. Kecemasan akan ancaman kesehatan ini bisa membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat dari yang Anda perkirakan, khususnya jika Anda mendapatkan peringatan fisik dari dokter.

Susun rencana. Jika Anda ingin melihat hasil, Anda harus mendisain rencana untuk dilaksanakan. Sediakan waktu untuk mencari tahu hal-hal yang Anda perlukan untuk menurunkan berat badan. Jika perlu, cobalah membuat daftar pelatih dan pakar diet yang bisa membantu Anda merencanakan program yang tepat. Buatlah tujuan jangka panjang (misalnya menurunkan 5 kg berat badan pada akhir Desember) dan tujuan jangka pendek (menurunkan berat badan setengah kilogram per minggu). Dan pastikan selalu berpegang pada rencana Anda. (OL-08)

sumber: mediaindonesia.com/mediahidupsehat