Trik Hindari Hipersomnia Siang Hari

10 Maret 2010 Artikel Kesehatan


Hampir semua orang pernah merasa ngantuk saat beraktivitas. Kondisi ini dikenal dengan hipersomnia, perasaan ngantuk berulang yang membuat orang ingin terus-terusan tidur, bahkan di tempat kerja. Untuk mengatasi gangguan tersebut, berikut beberapa langkah yang bisa menjadi panduan Anda:

Tidur cukup di malam hari. Kedengarannya sangat sederhana, tapi kebanyakan orang memotong jam tidur mereka satu atau dua jam di pagi atau malam hari untuk melakukan aktivitas lain. Sebagian besar orang dewasa perlu tidur tujuh hingga sembilan jam semalam, dan remaja biasanya memerlukan sembilan jam tidur.

Jauhkan pengalih perhatian dari tempat tidur."Pastikan tempat tidur hanya untuk tidur dan seks," terang Avelino Verceles, MD, dari University of Maryland School of Medicine. Anda sebaiknya tidak membaca, menonton TV, bermain video games, atau menggunakan laptop di tempat tidur. Aktivitas tersebut akan membuat Anda tidak bisa tidur.

Pastikan bangun pada jam yang sama. Orang-orang dengan gangguan tidur seringkali dianjurkan untuk tidur dan bangun pada jam yang sama setiap hari, bahkan di akhir pekan. Tapi bagi menderita insomnia atau gangguan untuk tertidur, terang penulis Sound Sleep, Sound Mind: 7 Keys to Sleeping Through the Night, Barry Krakow, MD, menetapkan jam tidur akan membuat mereka semakin frustasi.

Karena itu, Krakow menganjurkan Anda untuk memulai dengan menetapkan jam bangun."Patuhi jam tersebut selama beberapa pekan atau bulan untuk menciptakan ritme," terang Krakow , seperti dikutip situs webmd.com. Proses ini, terang ini, akan membantu mengarahkan ritme circadian.

Tidur lebih awal secara bertahap. Salah satu cara membuat jadwal yang konsisten adalah tidur 15 menit lebih awal selama empat malam. Kemudian ikuti jam tidur terakhir. Menyesuaikan jam tidur secara bertahap lebih baik dibandingkan tiba-tiba tidur satu jam lebih awal.

Patuhi jadwal makan dan pilihlah makanan sehat. Jam makan yang teratur juga turut mengatur ritme circadian. Cobalah mengonsumsi sarapan dan makan siang sehat. Hindari kebiasaan makan donut dan minum kopi di pagi hari diikuti sandwich di pertengahan hari. Hal ini bisa membuat Anda kekurangan energi dan memperparah ngantuk. Selain itu, cobalah berhenti makan dua atau tiga jam sebelum jam tidur.

Jangan tidur sebelum ngantuk. Cobalah membedakan rasa ngantuk dan lelah. Jika pergi ke tempat tidur saat lelah, kemungkiann Anda tidak akan tertidur. Usahan pergi ke tempat tidur hanya saat benar-benar ngantuk.

Jangan tidur menjelang sore. Tidur menjelang sore mengganggu tidur malam sehingga memperparah ngantuk di siang harinya. (IK/OL-08)

sumber: mediaindonesia.com/mediahidupsehat