Trik Agar Perut Lebih Cepat Kenyang

11 Juli 2011 Artikel Kesehatan


Hasil dari berdiet bukan hanya tubuh yang indah tetapi juga memiliki proporsi otot dan lemak yang ideal serta kesehatan akan menjadi lebih baik. Namun saat kita mulai membatasi kalori biasanya rasa lapar akan terus menghantui sehingga diet pun berantakan.

Sebenarnya makan lebih sedikit namun perut terasa lebih kenyang bukanlah hal yang mustahil. Para pakar gizi sudah membekali kita informasi kapan harus makan, apa yang harus diasup dan bagaimana cara membatasi kalori tanpa merasa kelaparan.

Rahasianya adalah mengetahui kalau otak mendapatkan sinyal bahwa perut sudah penuh setelah 20 menit setelah kita makan sehingga jika makan terlalu cepat kita akan terus merasa perut kita masih kosong sehingga makan tak terkontrol

Karena itulah, bantu tubuh Anda mengirimkan sinyal yang benar ke otak. Caranya:

- Makan perlahan dan kunyah secara benar. Ingatlah dibutuhkan waktu 20 menit sebelum otak menyadari bahwa perut sudah terisi penuh. Karena itu apa pun makanan yang diasup makanlah secara perlahan.

- Konsumsi salad 10 menit sebelum menu utama sehingga sebelum Anda menghabiskan makanan utama, perut sudah terasa kenyang. Jika Anda merasa bosan dengan salad, variasikan dressing-nya atau kombinasikan dengan buah.

- Makan lebih sering dan hindari melewatkan waktu makan. Pola makan yang baik memiliki frekuensi makan 3-5 kali dengan porsi terkontrol. Frekuensi teratur akan memenuhi kebutuhan energi tubuh, sedangkan porsi terkontrol menjaga agar tidak terjadi kelebihan energi yang masuk dan menggemukkan tubuh.

- Piring yang bersih merupakan tanda perut sudah kenyang. Karena itu cobalah makan dalam wadah kecil sehingga pandangan tersebut akan memberi sinyal ke otak bahwa Anda sudah cukup makan.

- Makanlah buah segar daripada dalam bentuk jus untuk mendapatkan seluruh seratnya. Kandungan air dan serat dalam buah akan membuat perut merasa kenyang lebih lama.

- Untuk memertahankan rasa kenyang, pilihlah sumber karbohidrat berserat tinggi dan rendah gula. Misalnya beras merah atau oat.

- Makanan lain yang juga memberikan rasa kenyang adalah daging tanpa lemak serta lemak sehat. Misalnya susu tanpa lemak, daging putih, putih telur, kacang-kacangan, atau ikan kukus.

Sumber: Life Mojo, kompas.com