Trik Agar Makan Junk Food Lebih Sehat

28 Agustus 2019 Artikel Kesehatan


Makanan cepat saji atau junk food menjadi makanan yang banyak digemari orang. Berbagai macam junk food sering kita jumpai di luar rumah. Namun, banyak sisi negatif dari makanan ini, terutama untuk kesehatan. Junk food bukanlah makanan yang menyehatkan, sedikit nutrisi, dan banyak mengandung bahan kimia. Namun, ada beberapa trik yang akan dibahas agar junk food bisa dikonsumsi secara sehat.

Fried Chicken

Tahukah Anda, ayam yang biasa digunakan untuk mengolah fried chicken diberikan suntikan hormon? Selain itu, ayam yang digunakan memiliki kandungan yang banyak dan digoreng dalam minyak dengan titik didih yang tinggi. Ini dapat membuat makanan mengandung kolesterol yang tinggi. Namun, ada bebrapa trik untuk menikmati fried chiken agar lebih sehat:

- Sisihkan kulit ayam, sebab lemak yang terkandung dalam kulit cukup banyak.

- Pilih bagian dada, sebab kandungan lemak pada bagian ini lebih sedikit dibanding bagian paha.

- Sertakan makanan sampingan yang sehat, seperti sayuran dan buah - buahan.

Sosis dan Nugget

Siapa yang tidak suka kedua makanan ini? Dua makanan ini juga sangat disenangi anak - anak, sampai sering dijadikan bekal makanan mereka. Namun, kandungan dalam sosis dan nugget belum tentu menyehatkan. Sosis dan nugget sudah melewati berbagai tahap proses pengolahan yang mengalami penambahan berbagai zat pengawet atau pewarna yang membuat kerja ginjal menjadi berat. Nah, agar lebih sehat, ada trik untuk mengonsumsinya:

- Makanlah dalam porsi kecil atau berbagi agar jumlah yang dimakan tidak terlalu banyak.

- Tambahkan menu sayuran dalam menu Anda seperti salad atau konsumsi buah-buahan pada saat makan selanjutnya.

Bakso

Bakso paling sering kita jumpai di setiap masakan. Tapi ternyata, bakso juga tidak baik bagi kesehatan bila dikonsumsi secara sembarang. Pengolahan bakso biasanya menggunakan danging yang berlemik tinggi. Tak tanggung - tanggung, belakangan ini terkenal akso yang mengandung boraks dan formalin. Tentu zat kimia tersebut bisa merusak organ tubuh kita. Berikut ini ada trik menikmati bakso agar lebih sehat:

- Jangan gunakan MSG. Kuah bakso yang gurih didapat karena saat meramu biasa ditambahkan MSG.

- Saos yang bahan bakunya tidak jelas dan mengandung pengawet. Biasanya tukang bakso menggunakan saos atau sambal dalam botol besar yang harganya tidak mahal.

- Minta lebih banyak sayuran. Bakso biasa dilengkapi dengan sawi atau toge.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)