Tomat Moruno Lebih Efektif Lawan Kanker

16 Februari 2010 Artikel Kesehatan


Salah satu jenis tomat yang dinyatakan paling efektif melawan kanker adalah tomat moruno. Tomat yang dikembangkan peneliti dari Spanyol ini diklaim sebagai makanan super karena kemampuannya mengurangi risiko kanker prostat.

Tomat Moruno mengandung kadar pembasmi kanker alami dua kali lipat lebih banyak dibandingkan tomat biasa, dengan kandungan vitamin C yang setara.

Tomat yang membutuhkan waktu pengembangan dua tahun dan hasil penyilangan dari 2.000 jenis tomat ini mempunyai kadar lycopene dua kali lipat lebih banyak. Lycopene merupakan pemberi warna merah pada tomat dan diyakini bisa mengurangi risiko kanker prostat.

Lycopene lebih mudah diserap ke dalam pembuluh darah jika dikonsumsi setelah dimasak dengan minyak tertentu, seperti minyak zaitun.

Dalam studi baru-baru ini, lebih dari 1.000 laki-laki penderita kanker prostat menjalani pemeriksaan setelah menerapkan diet dengan tomat. Pasien yang mengonsumsi saus tomat lebih dari dua kali seminggu berisiko 44 persen lebih kecil mengalami penyebaran penyakit.

Menurut peneliti dari Amerika, kemungkinan penyebaran kanker semakin kecil saat pasien mengonsumsi tomat dan minyak ikan.

Fakta sepuar tomat

Sebuah studi laboratorium menemukan bahwa lycopene mempunyai efek yang sama dengan obat penurun kolesterol, statin.

Tomat mengandung kadar beta karoten tinggi. Beta karoten merupakan antioksidan yang mendukung sistem kekebalan tubuh dan membantu mempertahankan kulit dan lapisan jaringan sehat.

Tomat kaya antioksidan flavonoid dan vitamin E. Kedua antioksidan ini sangat penting untuk kesehatan jantung.

Satu tomat ukuran sedang menyediakan 50 persen anjuran vitamin C harian.

Analisis diet Mediterania menunjukkan bahwa memasak tomat dengan minyak zaitun akan meningkatkan potensi tomat.

Lycopene dan beta karoten akan pecah saat dipanaskan dan larut di dalam minyak tapi tidak di air. Jadi, memasak tomat dengan minyak zaitun membuat zat kimia bermanfaat ini lebih mudah diserap oleh tubuh.

Penelitian lain menunjukkan bahwa lycopene bisa menguatkan komunikasi kimia antara sel, yang membantu mengatur pertumbuhan sel yang tidak normal dan bahkan melawan proses yang membuat tumor menjadi ganas.

Tomat juga kaya antioksidan lutein, yang diyakini melindungi retina dari kerusakan akibat radikal bebas.

sumber: mediaindonesia.com/mediahidupsehat