Tips yang Bisa Dicoba Agar Tetap Semangat Menjalani Puasa

21 Juni 2016 Artikel Kesehatan


Seperti yang kita ketahui bahwa bulan puasa baru saja dimulai sejak awal bulan Juni kemarin dan akan berjalan sampai awal bulan Juli. Rutinitas yang biasanya kita jalani, akan diubah menjadi sesuatu yang berbeda selama bulan puasa ini.

Berikut beberapa tips agar tetap semangat menjalani puasa:
1. Anggap makan malam saat berbuka puasa merupakan sarapan.
Dalam bulan puasa, kita diharuskan untuk menahan segala hawa nafsu termasuk tidak makan dan minum sebelum Adzan tiba. Anggaplah makanan saat berbuka puasa merupakan sarapan Anda, cobalah untuk mengkonsumsi makanan ringan seperti roti pada saat tengah malam sebelum Anda mengkonsumsi makanan pada saat sahur tiba.

2. Selalu menyediakan segelas air dari setelah buka puasa sampai sebelum tidur
Apabila Anda tidak mau bangun pagi sebelum waktu sahur habis, ada baiknya untuk selalu minum yang cukup sebelum Anda mulai tidur. Itu akan membantu Anda agar tidak terlalu dehidrasi di keesokan harinya saat Anda bangun tidur.

3. Berbukalah dengan kurma lalu mulai lah dengan makanan berkuah sebelum memulai makan malam.
Ada baiknya untuk berbuka puasa dengan makanan yang manis dan tidak terlalu berat seperti kurma ataupun kue-kue. Lalu dilanjutkan dengan sesuatu yang berkuah untuk merelaksasikan perut Anda dan menghindari kerampada perut.

4. Cobalah beristirahat dengan posisi plank
Percaya atau tidak, tiduran dengan posisi plank atau posisi tengkurap dan perut menghadap lantai mengurangi rasa lapar.

5. Beristirahat yang cukup
Pada saat puasa, cobalah untuk mengatur waktu tidur Anda agar menjadi lebih teratur dan memberikan efek bagi tubuh agar menjadi lebih fit dan segar dalam menjalani puasa setiap harinya

6. Luangkan waktu bersama keluarga
Pada saat bulan puasa, ada baiknya untuk meluangkan waktu lebih banyak dengan keluarga,niscaya waktu akan lebih mudah menjalani puasa seharian.

Demikianlah beberapa tips yang bisa dilakukan selama menjalani puasa, semoga tips ini dapat membantu Anda beraktifitas dan menjalani bulan puasa dengan lebih bersemangat

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)