Tips Sehat untuk Menu Buka Puasa

7 Mei 2019 Artikel Kesehatan


Bulan Ramadhan memang selalu dinanti seluruh umat muslim di seluruh Dunia karena Bulan Ramadhan merupakan Bulan Suci, Bulan Penuh rahmat dan amal kebaikan di lipat gandakan. Selama berpuasa kita mencoba menahan lapar, menahan haus dan menahan hawa nafsu. Dengan berpuasa tak hanya akan mendapatkan pahala, namun masih banyak sekali hikmah dari berpuasa yang akan kita dapatkan. Dengan berpuasa kita akan mengetahui mereka-mereka yang suka kelaparan akhirnya kita menyadari betul bahwa kita masih beruntung bisa makan dan mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan dan masih banyak lagi tentunya.

Nah hal yang selalu ditunggu ketika berpuasa adalah waktu berbuka puasa. Banyak orang melakukan berbagai kegiatan untuk mengisi waktu menunggu buka puasa. Mulai dari ngabuburit dengan jalan jalan dan mencari jajajan atau menu-menu untuk berbuka puasa. Untuk menu berbuka puasa memang banyak sekali makanan-makanan yang tersedia. Banyak sekali orang berjualan menu-menu untuk berbuka puasa. Ini pula salah satu hikmah ramadhan banyak orang mencari nafkah dengan menjual menu buka puasa. Namun, dengan banyaknya orang berjualan menu untuk buka puasa kita tentu sebagai pembeli harus memilah-milah, menu mana yang enak namun menyehatkan.

Berikut ini tips menu sehat untuk berbuka puasa:
1. Kurma

Dengan mengkonsumsi kurma tubuh akan kembali berstamina dan berenergi. Selain itu masih banyak lagi manfaat kurma untuk kesehatan tubuh karena kurma kaya akan kandungan vitamin. Nah oleh karena itu saat buka puasa telah tiba konsumsilah beberapa biji kurma.

2. Madu
Selain kurma, madu juga sangat baik di konsumsi saat buka puasa. Dengan mengkonsumsi madu tubuh akan kembali segar dan berstamina. Banyak orang sudah tak lagi meragukan khasiat dari madu. Karena itu, madu juga bisa menjadi pilihan untuk Anda sediakan menjelang berbuka puasa.

3. Air Putih
Minum air putih jangan dilewatkan. Dengan mengkonsumsi air putih cairan tubuh yang hilang akan segera tergantikan sehingga mencegah terjadinya dehidrasi. Oleh karena itu mengkonsumsi air putih juga sangat dianjurkan.

4. Buah-Buahan
Buah-buahan juga dapat menjadi alternatif sebagai pengganti cairan tubuh. Karena itu, mengkonsumsi buah-buahan menjadi anjuran yang sebaiknya dilakukan saat berbuka puasa. Beberapa buah-buahan yang baik di konsumsi antara lain seperti pisang, apel, anggur, pepaya dan lain sebagainya.

5. Sayur
Saat berbuka puasa tubuh kita sebaiknya diisi dengan makanan yang mudah dicerna. Nah mengkonsumsi sayur sangat cocok. Karena sayur merupakan makanan yang mudah di cerna oleh tubuh.

Berbukalah sewajarnya, jangan sampai ada istilah "balas dendam". Berbukalah secukupnya karena yang berlebihan itu tidak baik dan Allah pun tidak suka dengan yang berlebihan. Pilihlah juga makanan makanan yang menyehatkan pula untuk tubuh Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)