Tips Sehat Memakai Lensa Kontak Warna

22 Januari 2015 Artikel Kesehatan


Lensa kontak memang lebih populer untuk banyak alasan. Selain lebih nyaman untuk digunakan dibandingkan dengan kaca mata, dan juga untuk menunjang penampilan, terutama lensa kontak berwarna. Dengan menggunakan atau memilih lensa kontak berwarna memang bisa membuat penampilan kita jadi berbeda dan lebih istimewa. Namun sayang, saat ini banyak lensa kontak yang berbahaya karena bisa menimbulkan iritasi pada mata. Salah satu kontak lensa yang cukup berbahaya adalah lensa kontak warna. Untuk tetap menjaga keamanan dan kesehatan mata, ini tips sehat memakai lensa kontak warna.

Resep Dokter
Meskipun lensa kontak bisa dibeli di salon, toko dan tempat lain dengan harga terjangkau. Pastikan bagi Anda untuk membeli lensa kontak warna pada dokter mata. Resep dokter disinyalir lebih sehat dan baik meskipun harga yang ditawarkan terbilang cukup mahal.

Kebersihan air
Kebersihan dan kesehatan air yang digunakan untuk menyimpan lensa kontak sangat perlu diperhatikan. Pastikan Anda menggunakan air bersih dan sesuai dengan resep dokter. Hindari menggunakan air kran dan air berbahaya lain. Air kran memicu tumbuhnya bakteri pada kontak lensa Anda sehingga ia bisa menimbulkan iritasi serta sakit mata.

Kebersihan lensa
Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan lensa kontak Anda di rumah maupun saat berpergian. Kebersihan lensa kontak tidak hanya membuatnya awet dan tahan lama, tetapi juga aman bagi kesehatan mata Anda.

Lepas Lensa Saat Tidur
Pastikan untuk melepas lensa kontak di saat Anda tidur. Selain menjamin kesehatan Anda, melepas lensa kontak warna saat tidur bisa meminimalisir risiko dari bahaya lensa kontak. Melepas lensa kontak saat tidur bisa membantu mata mendapatkan oksigen cukup.

Agar mata tetap sehat dan cantik, tentunya harus diimbangi dengan perawatan yang maksimal bukan? Termasuk perawatan terhadap penunjang kecantikan dan kesehatan mata yakni lensa kontak warna.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)