Tips Sehat dalam Perjalanan Saat Liburan

11 Juni 2019 Artikel Kesehatan


Melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan motor, mobil, kereta api maupun pesawat terbang bisa berisiko terhadap kesehatan seseorang, terutama jika orang tersebut tidak melindungi dirinya sendiri. Dr. Clayton Cowl, pakar bidang pengobatan transportasi di Mayo Clinic mengatakan; Salah satu risiko kesehatan yang perlu dipertimbangkan adalah saat melakukan perjalanan, Anda duduk terlalu lama.

Dr. Clayton menambahkan, risiko kesehatan akibat perjalanan jauh di antaranya adalah penggumpalan darah di kaki akibat duduk terlalu lama, dehidrasi karena kekurangan asupan cairan atau terlalu banyak mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol serta tidak cukup berjalan kaki saat terjadi penundaan pemberangkatan pesawat di bandara atau stasiun kereta api. Semua kondisi itu bisa berdampak serius. Mengemudi selama berjam-jam untuk mencapai tujuan setelah seharian bekerja dapat menyebabkan kelelahan dan gangguan mata.

Karena itu ia menyarankan, saat bepergian dengan mobil usahakan untuk berhenti setiap beberapa jam, keluar mobil dan lakukan peregangan kaki demi menghindari terjadinya penggumpalan darah. Biarkan anak-anak Anda bermain di luar dan berlarian di tempat yang aman sehingga membantu mereka untuk membakar energi dan membuat mereka merasa lebih rileks saat kembali ke dalam mobil. Jika Anda bepergian dengan pesawat terbang, pastikan untuk melakukan peregangan di kaki Anda. Dalam perjalanan yang memakan waktu lebih dari tiga jam, berdiri dan bergerak di sekitar tempat duduk, setidaknya sekali. Udara di pesawat bisa menyebabkan dehidrasi karena itu pastikan Anda mengonsumsi cukup cairan.

Jika Anda di dalam mobil atau pesawat, jangan silangkan kaki Anda saat duduk dengan periode waktu yang lama, karena hal ini bisa menyebabkan menghalangi peredaran darah. Guna menghindari kondisi mengantuk saat mengemudi, pastikan Anda mempunyai waktu tidur yang cukup sehari sebelum bepergian. Jika memungkinkan, bergantian menyetir dengan orang lain. Beristirahatlah di rest area yang menyediakan pilihan makanan sehat, atau bawalah makanan sehat yang Anda buat sendiri. Berjalan kaki sebentar untuk mendapatkan udara segar dan melakukan peregangan, akan membuat Anda merasa lebih sehat. Ingatlah untuk tidak mengemudi saat Anda kurang tidur.

Adapun untuk menghindari kekakuan akibat duduk di mobil terlalu lama, para penumpang bisa melakukan peregangan sederhana dengan memanjangkan kaki dan menekuknya beberapa kali. Untuk paha dan betis, lakukan pijatan sederhana. Untuk pengemudi, bisa melakukan peregangan saat mobil berhenti.

Semoga tips ini bisa membantu Anda. Selamat berlibur, semoga liburan Anda menyenangkan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)