Artikel Kesehatan
15 April 2010

Tips Sehat ala DR. Oz

Hidup sehat merupakan impian semua orang. Dan untuk mencapai tujuan ini, banyak tips dari pakar yang bisa menjadi panutan Anda. Untuk memaksimalkan kesehatan, berikut tips dari Dr. Oz, seorang profesor di bidang operasi dari Columbia University sekaligus penyiar Oprah Radio, untuk Anda.

Jangan lewatkan sarapan
Mengonsumsi serat di pagi hari, menurut Oz, akan mengurangi rasa lapar dan keranjingan gula di siang hari. Untuk sarapan, Oz mengonsumsi oatmeal dipadukan dengan minyak biji rami dan kismis. Sarapan, terang Oz, juga akan mempercepat metabolisme Anda di sepanjang sisa hari. Penelitian menunjukkan, orang-orang yang sarapan pagi terbukti lebih ramping dibandingkan mereka yang melewatkan sarapan.

Flossing
Menggosok gigi saja tidak cukup menjangkau area sela-sela gigi. Karena itu, jangan lupa flossing. Hal ini tidak hanya befungsi menjaga kebersihan gigi tetapi juga memastikan celah-celah gigi terbebas dari bakteri, yang meningkatkan risiko penyakit jantung. Oz memilih Ultraclean floss karena lebih mudah digerakkan di sela-sela gigi.

Minum teh hijau
Oz minum teh hijau tiga kali sehari. Teh ini, menurut dia, kaya polifenol yang baik untuk jantung dan bisa mencegah kanker. Polifenol ini tidak terkandung dalam teh hitam karena sudah rusak saat menjalani proses fermentasi.

Tarik nafas dalam-dalam
Caranya: Dorong perut Anda keluar dan tarik nafas melalui hidung untuk mengisi paru-paru, Oksigen yang ditarik masuk akan membuat Anda lebih waspada dan gembira. Ini merupakan salah satu strategi Oz untuk menenangkan diri.

Yoga
Yoga merupakan salah satu olahraga favorit Oz. Yoga, menurut Oz, efektif mengurangi stres, menurunkan tekanan darah, mengurangi kecepatan detak jantung serta meningkatkan kelenturan tubuh.

Tidur cukup
Tidur tujuh jam semalam, terang Oz, tidak hanya akan membantu Anda hidup lebaih lama tetapi juga meningkatkan memori, mengurangi stres dan keranjingan makanan. Pastikan membuat dan mengikuti jadwal tidur teratur.

Variasikan warna dalam diet Anda
Cobalah mengonsumsi sayuran dan buah dengan warna yang berbeda-beda. Makanan ini tidak hanya terlihat cantik tetapi juga kaya komponen karotenoid dan flavonoid. Komponen ini berfungsi mencegah kerusakan akibat radikal bebas dan mengurangi peradangan dalam tubuh. Oz mengklaim bahwa makanan ini lebih kuatr dibandingkan obat-obatan farmasi. Buh dan sayur favorit Oz adalah blueberries dan arugula.

Kontrol kesehatan Anda
Dokter bisa mendukung kesehatan, tapi tanggung jawab terbesar tetap berada di pundak Anda. Pastikan selalu mencari pendapat kedua (second opinion). Pelajari data medis keluarga Anda dan pastikan menulis semua sejarah medis Anda.

Cari cinta dan dukungan
Perempuan, menurut Oz, hidup lebih lama karena selalu berbagai masalah mereka dengan orang terdekat. Jangan hadapi tantangan hidup seorang diri. Hal ini akan mempercepat penuaan. Dengan adanya cinta dan dukungan, Anda bisa memperlambat proses penuaan.

Kurangi kalori
"Rahasia menurunkan berat badan bukanlah menghindari karbohidrat, lemak, makanan berwarna kuning atau makanan padat. Trik sebenarnya adalah mengurangi asupan kalori sebanyak 100 kalori sehari. Anda tidak akan terlalu merasakan pengurangan jumlah ini, tapi cara ini bisa menurunkan lima kilogram berat badan dalam setahun," tutur Oz, seperti dikutip situs hubpages.com.

Oz mengaku mengurangi kalori sekali setahun untuk mengatur ulang selera makan dan indera perasa. Cara ini, menurut dia, akan membuat makanan sehat terasa lezat. (IK/OL-08)

sumber: mediaindonesia.com/mediahidupsehat

Artikel Kesehatan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Lowongan Iklan Baris