Tips Sederhana Menghindari Penyakit Kulit

8 Januari 2019 Artikel Kesehatan


Kulit merupakan salah satu bagian permukaan tubuh yang mempunyai banyak fungsi, diantaranya adalah sebagai lapisan pelindung bagian tubuh. Bayangkan saja jika tidak ada kulit maka semua peredaran dalam tubuh manusia mampu dilihat dan pasti menimbulkan rasa tidak nyaman. Selain itu kulit juga mampu menjadi penunjang kecantikan bagi seseorang. Seseorang dengan kulit yang cantik, bersih dan sehat biasanya lebih menarik dibandingkan dengan seseorang yang mempunyai penyakit pada kulit. Oleh karena itulah banyak cara yang dilakukan untuk memperoleh kulit yang sehat, cantik dan menarik serta mampu terhindar dari berbagai penyakit pada kulit yang mungkin saja timbul. Ada banyak jenis penyakit kulit, seperti gatal-gatal, panu, herpes, iritasi kulit, dan lain sebagainya. Untuk mencegah timbulnya penyakit kulit tersebut, maka ada banyak hal yang perlu dilakukan untuk mencegahnya.

Rutin Mandi 2 Kali Sehari
Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghindari penyakit kulit adalah dengan mandi minimal dua kali sehari. Kulit pun akan bersih terawat dan terhindar dari penyakit kulit yang tidak diinginkan. Pasalnya, orang yang jarang mandi akan lebih mudah terjangkit penyakit karena adanya jamur.

Mengganti Pakaian Setiap Hari
Selain rutin membersihkan tubuh, Anda juga harus rajin mengganti pakaian setiap hari. Kebersihan menjadi hal penting saat menghindari penyakit kulit. Anda harus memperhatikan pakaian yang Anda kenakan. Hindarilah memakai pakaian yang kotor karena bisa menyebabkan timbulnya panu dan jamur pada kulit.

Hindari Sinar Matahari Terlalu Lama
Sinar matahari memang baik bagi tubuh, tapi ingatlah hanya di waktu-waktu tertentu saja (pagi). Jika sudah jam 9 ke atas, maka sifat dan sinar matahari akan berubah dan mengandung ultra violet yang memicu berbagai masalah serius pada kulit, seperti iritasi, kulit terbakar hinggakanker kulit. Untuk itulah, sebaiknya Anda memakai lotion saat bepergian ke luar rumah di atas jam 9 atau bisa juga memakai jaket pelindung untuk menghindari paparan sinar matahari secara langsung.

Hindari Menggaruk Kulit dengan Keras
Anda juga harus menghindari menggaruk kulit terlalu keras karena akan membuat kulit lecet. Jika kulit terasa gatal dan kering, makasebaiknya garuk sewajarnya saja. Jika masih gatal juga, Anda bisa mengoleskan balsem atau minyak angin untuk menghilangkan rasa gatal tersebut sehingga Anda tidak perlu menggaruk secara berlebihan

Mengalami penyakit kulit memang tidak enak dan dapat mengganggu aktivitas. Mulai sekarang Anda harus selalu memperhatikan kebersihan kulit Anda agar terhindar dari penyakit kulit.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)