Tips Mudik Sehat, Aman dan Nyaman

23 Juni 2017 Artikel Kesehatan


Sebentar lagi Lebaran ! Pada saat itulah ada kesempatan untuk berkumpul dengan sanak saudara yang tersebar di perantauan, selain tentunya juga sowan dengan orang tua. Hari Raya Idul Fitri sudah di depan mata. Aktivitas masyarakat di kota pun terlihat berkurang. Jalan-jalan mulai lengang. Para pekerja sudah berancang-ancang mengambil cuti panjang. Tiket-tiket sudah habis dipesan. Semua demi satu tujuan, berkumpul bersama keluarga di hari raya. Bagi masyarakat urban, acara mudik ke kampung halaman adalah ritual yang dilakukan setiap tahun. Macet di jalan bukanlah rintangan. Mungkin sebagian dari Anda sudah mulai mempersiapkan segalanya, mulai dari kendaraan, tiket transportasi umum dan keuangan, tetapi sudahkan Anda mempersiapkan kesehatan Anda?

Berikut tips agar mudik Anda tetap nyaman dan sehat:
  1. Jangan Lewatkan Sahur. Mudik pasti dilakukan pada saat berpuasa, maka dari itu manfaatkan waktu sahur sebaik mungkin dengan mengisi perut dengan makanan bergizi. Bukan alasan ketika mudik tidak berpuasa, walaupun memang ada kompensasi agama untuk tidak berpuasa pada saat melakukan perjalanan, namun apabila Anda mempersiapkan diri dengan baik, pasti mudik Anda tidak akan mengganggu ibadah puasa Anda.
  2. Konsumsi Makanan Bergizi. Pilihlah makanan bergizi yang mengandung karbohidrat dan protein sebagai sumber tenaga ketika sahur. Konsumsi serat yang cukup dari sayur dan buah untuk menjaga pencernaan tetap sehat selama perjalanan. Namun hindari juga beberapa makanan yang mengakibatkan perut kembung seperti misalnya buncis, kubis, sawi putih, brokoli, bawang, dan telur.
  3. Minum air putih yang cukup. Macet dan panas pasti akan menemani perjalanan mudik Anda dan rasa haus pun tak terelakan, agar terhindar dari haus dan dehidrasi pada saat mudik, disarankan agar mengonsumsi kadar air yang cukup pada saat sahur. Air bisa didapatkan bukan hanya dari air putih mineral saja, namun juga bisa Anda peroleh dari buah-buahan yang mengandung banyak air.
  4. Olahraga. Jika Anda menempuh perjalanan jauh, jangan lupa untuk berhenti sejenak untuk merenggangkan otot-otot Anda dan membuat tubuh Anda tetap bugar. Terlalu lama duduk dapat membuat otot tubuh kaku dan nyeri pada bagian tertentu. So, lakukan latihan peregangan singkat untuk melemaskan ketegangan selama perjalanan.
  5. Istirahat yang cukup. Usahakan tidur minimal 6-8 jam sebelum melakukan perjalanan, karena dengan cukup tidur tenaga akan terkumpul dan tubuh Anda tidak lemas serta cepat merasa lelah ketika sedang dalam perjalanan khususnya bagi Anda yang mengemudi. Bagi yang menggunakan kendaraan umum manfaatkanlah waktu perjalanan untuk tidur. Namun perlu juga diperhatikan posisi tidur agar terhindar dari kesemutan atau kram.


Sudah siapkah untuk mudik?

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)