Tips Mudah Mengetahui Pembalut Mengandung Klorin

27 April 2019 Artikel Kesehatan


Saat ini sedang heboh-hebohnya beredar pembalut yang mengandung klorin. Hal ini menjadi perhatian banyak orang karena bahan kimia klorin yang menghasilkan racun dioxin bersifat kumulatif dan bahan kimia ini bisa berada di dalam tubuh selama 20 tahun setelah tubuh terpapar racun dan bisa memicu kanker. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memperhatikan pembalut yang Anda pakai. Dan jika ingin mengetahui secara langsung apakah benar pembalut Anda mengandung pemutih atau tidak, ini dia tips mengetahuinya.

Berikut tips mengetahui ada tidaknya kandungan klorin di dalam pembalut:
1. Robek produk pembalut yang biasa Anda gunakan, lalu ambil bagian inti di dalamnya.
2. Ambillah segelas air putih. Upayakan menggunakan gelas yang transparan, sehingga air bisa terlihat lebih jelas.
3. Ambil sebagian lembar inti pembalut, kemudian celupkan ke dalam air tersebut. Lalu aduk-aduk.
4. Sekarang lihat, apakah ada perubahan warna air di dalam gelas tersebut. Jika bahan pembalut higienis dan bersih, maka seharusnya air akan tetap jernih.
5. Lihat juga apakah produk pembalut tetap utuh atau hancur seperti pulp atau bubur kertas. Jika jawabannya hancur dan airnya keruh, maka ini artinya produk pembalut yang Anda gunakan mengandung zat kimia berbahaya pemutih atau klorin.

Adapun bahaya yang mungkin timbul akibat menggunakan pembalut berpemutih bisa mempengaruhi kesehatan daerah kewanitaan seperti kanker serviks. Itulah tips yang mudah dilakukan di rumah, Anda bisa melakukan tes sendiri.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)