Tips Merawat Kesehatan Gigi

20 Maret 2018 Artikel Kesehatan


Gigi merupakan salah satu bagian terpenting dalam tubuh, jika gigi sehat maka jalannya kegiatan akan lancar dan tidak ada gangguan, beda sekali jika gigi Anda bermasalah. Memiliki gigi yang kuat dan sehat merupakan impian semua orang. Disamping itu juga, gigi berperan penting dalam membantu pencernaan makanan yang mana bertugas pertama kali dalam melembutkan makanan sebelum masuk ke usus kita. Dengan memiliki gigi yang sehat pula, maka senyum pun terasa tidak berat kita lakukan.

Menjaga gigi selalu sehat sangat penting bagi kesehatan. Gigi tidak hanya merupakan bagian penting dari sistem pencernaan tetapi juga merupakan bagian penting bagi penampilan seseorang. Karena pentingnya gigi tetap sehat maka setiap orang harus menjaga dan merawat giginya setiap saat. Menggosok gigi adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan gigi, tetapi menggosok gigi saja belum cukup. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi agar tetap sehat. Bagaimana cara merawat gigi agar tetap sehat?

Berikut beberapa tips merawat kesehatan gigi.
1. Sikat Gigi Secara Benar dengan Teratur
Menggosok gigi secara benar dengan menggunakan pasta gigi sangat efektif membersihkan sisa makanan yang menempel di gigi. Menggosok gigi juga mengurangi resiko pembentukan karang gigi (plak gigi).

2. Berkumur dengan Obat Kumur
Berkumur menggunakan obat kumur dapat membunuh bakteri di mulut dan mengurangi resiko pembentukan karang gigi. Berkumur dengan obat kumur antiseptik juga merupakan salah satu cara menghilangkan bau mulut tak sedap.

3. Pilih Produk Perawatan Gigi yang Baik
Gunakan sikat gigi yang nyaman dipegang dan memiliki bulu lembut. Pasta gigi (odol) yang baik mengandung zat anti kuman, anti plak, dan memberi perlindungan pada lapisan luar gigi.

4. Kunjungi Dokter Gigi secara Rutin
Periksakan gigi secara rutin, minimal sekali dalam enam bulan untuk menemukan kerusakan pada gigi secara dini. Dokter juga akan membersihkan gigi Anda jika terdapat karang gigi.

5. Jangan Merokok
Merokok meningkatkan resiko berbagai jenis penyakit termasuk gangguan kesehatan gigi dan gusi. Berhenti merokok mengurangi resiko berbagai penyakit berbahaya dan meningkatkan kesehatan tubuh secara umum..

6. Perhatikan Makanan Anda
Makanan adalah salah satu penyebab kerusakan gigi dan gusi. Banyak makanan bergula meningkatkan resiko gigi berlubang. Hindari makanan ekstrim misalnya terlalu keras atau terlalu dingin.

7. Gunakan Gigi Hanya untuk Makan
Gunakan gigi hanya untuk mengunyah makanan yang layak. Gigi kita sangat kuat, tetapi jangan disalahgunakan untuk membuka tutup botol, merobek kemasan plastik, menarik atau memotong benda. Bahkan Anda disarankan tidak menggigit dan mengunyah permen yang sangat keras atau daging yang sangat padat dan kenyal.

Hal yang paling penting adalah bagaimana cara Anda merawat gigi supaya tetap bersih dan tidak timbul gusi yang keropos ataupun yang berlubang. Manfaat kesehatan gigi yang baik bisa Anda rasakan sendiri dan hal itu juga untuk kepentingan Anda sendiri, jika Anda sehat maka segala macam kegiatan yang Anda lakukan akan lebih mudah dan tidak ada gangguan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)