Tips Menurunkan Berat Badan

4 Maret 2016 Artikel Kesehatan   |    Mukti Effendi


Untuk bisa tampil dengan menarik dan langsing sebaiknya Anda harus menerapkan tips menurunkan berat badan. Mempunyai berat badan yang ideal tentu menjadi dambaan banyak orang terutama wanita. Namun tidak jarang banyak yang melakukan diet namun ia hanya mengkonsumsi berbagai ramuan dan menahan lapar untuk bisakurus, diet tersebut tanpa memikirkan efek samping yang akan didapat. Maka sebaiknya ubahlah pola pikir itu dengan mengikuti cara tepat sebagai tips menurunkan berat badan.

Berikut ini tips untuk menurunkan berat badan:
1. Sarapan pagi

Rutin untuk sarapan pagi maka akan membantu Anda untuk memiliki tubuh yang langsing. Sebuah penelitian menyatakan dengan rutin sarapan pagi maka akan membantu metabolisme tubuh menjadi lebih baik. Agar pembakaran lemak bisa dilakukan dengan maksimal, maka Anda harus sarapan setelah bangun tidur pagi hari. Pilih saja menu yang mengandung protein misalnya susu, sereal, telur rebus, roti gandum atau yogurt. Protein yang tinggi dapat membantu Anda untuk menangkal lapar pada jam-jam yang produktif. Sehingga Anda tidak akan mempunyai keinginan untuk mencoba makanan lain kecuali di jam-jam makan yang selanjutnya.

2. Mengendalikan rasa lapar
Anda sebaiknya harus mengenal rasa lapar yang sedang melanda, banyak dari kita yang kurang menyadari rasa lapar tersebut, ketika merasa haus seolah-olah merasa lapar sehingga langsung dengan mudahnya makan makanan yang mengandung banyak gula. Untuk mengetahui apakah Anda sedang lapar atau tidak, maka minumlah satu gelas air putih dan tunggu hingga 15 menit, jika keinginan untuk makan hilang maka artinya Anda hanya merasa haus dan tidak lapar.

3. Atur waktu dan porsi yang pas ketika makan
Tanpa bersusah payah mengatur menu diet yang ketat, Anda tetap bisa menurunkan berat badan dengan membiasakan hal-hal seperti: makanlah ketika lapar, bukan ketikabosan, atau ketika sedang tidak sibuk. Memberikan jarak waktu kurang lebih 3 jam antara waktu makan besar dan makan makanan ringan. Jangan makan terlalu malam, dan makanlah paling tidak 2-3 jam menjelang tidur. Cara lain yang efektif membantu Anda untuk menurunkan berat badan yaitu denganmengurangi porsi makan. Gunakan saja piring kecil ketika akan makan, sebab dengan sendirinya akan terkontrol porsi makanan sesuai dengan ukuran piring.

4. Berhenti makan sebelum kenyang
Usahakan untuk berhenti makan sebelum Anda merasa kenyang, umumnya komposisi isi perut terdiri dari 1/3 air, 1/3 makan dan 1/3 udara, ketika makan terlalu kenyang, menjadikan volume lambung akan penuh dan enzim tidak mempunyai banyak ruang guna mencerna makanan dengan maksimal. mengkonsumsi makanan yang berlebihan juga meninggikan kadar gula darah dan memicu hormone insulin akan meningkat sehingga tubuh akan menyimpan lemak terlalu berlebihan.

5. Detoksifikasi
Cara yang tepat untuk menurunkan berat badan yang lainyaitu dengan mengeluarkan lemak sekaligus racun dari tubuh. Dikenal dengan istilah detoksifikasi. Detoksifikasi yang dilakukan dengan sederhana yaitu dengan banyak minum air putih, karena hal itu bisa mengeluarkan racun dari dalam tubuh Anda. Selain itu cara yang lain untuk detoks yaitu dengan mencampur air dan buah-buahan yang menjadi air detoksifikasi, atau saat ini dikenal sebagai infused water. Cara tersebut terlihat sederhana namun air detoksifikasi mempunyai banyak manfaat salah satunya membuang racun dari tubuh, menurunkan berat badan, menjadikankulit tampak bersih dan meningkatkan energi. Cara lain selanjutnya yaitu jangan lupa untuk olahraga, olahraga menjadi hal yang mutlak untuk dilakukan secara rutin, tidak bisa dipungkiri jika olahraga dalam waktu 30 menit juga turut mewujudkan hasil yang maksimal dari tips menurunkan berat badan.

Demikianlah beberapa tips menurunkan berat badan yangtelah penulis paparkan buat Anda semua yang ingin membuat berat badan Anda turun dan menjadi ideal.

(Penulis adalah pemilik www.bacatips.com
Tulisan lainnya bisa dilihat disini)