Tips Menjaga Asupan Gizi Seimbang Saat Puasa

20 Mei 2019 Artikel Kesehatan


Di saat berpuasa, wajar kalau kukuatan tubuh menurun. Rasa lemas memang sering melanda, asal tidak berlebihan. Jika Anda sampai merasakan sakit kepala, pandangan mata mulai berkunang-kunang dan gelap, tentu hal ini harus segera Anda waspadai. Salah satu kemungkinan penyebabnya adalah karena turunnya kadar gula darah. Gula darah merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Jadi, jika sel-sel dalam tubuh kekurangan energi, Anda akan merasa lemas, pusing, dan pandangan berkunang-kunang.

Turunnya kadar gula darah dalam tubuh dapat disebabkan oleh adanya gangguan metabolisme karbohidrat atau pola makan yang kurang tepat. Pola makan yang kurang tepat, terutama saat puasapun dapat menyebabkan kadar gula darah menjadi tidak stabil. Kebutuhan gizi dalam tubuh saat berpuasa sebenarnya sama dengan ketika tidak sedang berpuasa yaitu karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Namun disaat berpuasa, tubuh tidak mendapat asupan gizi dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Agar tetap dapat menjalankan fungsinya dengan baik, sel-sel tubuh harus mendapatkan gizi dan energi yang seimbang setiap saat. Oleh karena itu, Anda harus bisa mengatur agar tubuh tetap memiliki energi saat tidak menerima asupan zat gizi saat puasa. Energi ini berasal dari "bahan makanan sumber energi" yang terdapat dalam makanan yaitu karbohidrat, lemak, dan protein. Sementara itu, vitamin dan mineral berguna untuk membantu proses pembentukan energi dari bahan-bahan tersebut.

Banyak orang yang kurang tepat mengatur pola makannya saat berpuasa. Mereka cenderung makan sebanyak-banyaknya saat berbuka dan makan secukupnya saat sahur. Padahal, pola makan yang baik adalah makan secara bertahap saat berbuka dan makan dalam jumlah yang cukup saat Anda sahur.

Pengaturan komposisi zat gizi pun cenderung kurang diperhatikan. Sebaiknya, tetaplah makan dengan gizi seimbang dengan lebih banyak makan makanan yang mengandung karbohidrat saat berbuka dan melebihkan protein saat sahur. Makan sayur dan buah pun mutlak diperlukan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral bagi tubuh. Dengan gizi yang seimbang, tubuh pun akan tetap sehat selama berpuasa.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)