Tips Mengobati Wasir Secara Alami

22 September 2014 Artikel Kesehatan


Wasir memang merupakan salah satu gangguan yang kerap dialami oleh banyak orang. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, dimana salah satunya adalah pola makan kurang tepat yang kita terapkan sehari-hari. Wasir yang dapat datang secara tiba-tiba akan memberikan efek yang luar biasa sakit bagi penderitanya, sehingga tidak jarang hal itu menimbulkan nyeri atau pembengkakan pada bagian tertentu.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk melakukan penyembuhan wasir, baik menggunakan pencahar atau berbagai obat-obatan kimia. Namun, bukan berarti wasir tidak dapat disembuhkan menggunakan bahan-bahan alami. Sebab beberapa bahan alami berikut terbukti dapat membantu mengobati wasir yang tengah Anda alami. Kira-kira, apa saja kah makanan atau minuman yang dapat digunakan sebagai obat alami pereda wasir tersebut?

Berikut beberapa bahan alami mengobati wasir:

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun diketahui memiliki siat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang dapat membuat area di sekitar jaringan hemoroid menjadi lebih lunak. Untuk menggunakannya sebagai obat pereda wasir, Anda dapat mengonsumsi minimal satu sendok makan minyak zaitun dan mengoleskannya pada bagian hemoroid secara teratur guna meredakan nyeri dan pembengkakan.

2. Es Batu
Salah satu makanan atau minuman yang dapat membantu mengurangi wasir yang Anda derita adalah es batu. Suhu es batu yang rendah dapat membuat jaringan pada bagian posterior atau anus yang tengah sakit, nyeri, atau bahkan membengkak dapat mati rasa dalam sementara waktu. Untuk menggunakannya, maka Anda tinggal mengompres bagian yang bengkak menggunakan es batu yang telah dibalut dengan kain tipis secara perlahan. Namun ingat, es batu hanya dapat meredakan rasa sakit yang Anda rasakan bukan menyembuhkannya.

3. Lidah Buaya
Selain sangat bermanfaat bagi rambut, tanaman yang bernama latin Aloe vera ini juga diketahui mampu membantu meredakan serangan wasir yang menyakitkan. Sifat lidah buaya yang anti-inflamasi menjadikannya sebagai obat alami mujarab yang dapat membantu mendinginkan dan meringankan rasa nyeri yang Anda rasakan. Untuk menggunakannya, Anda cukup membubuhkan lidah buaya secukupnya pada bagian tubuh yang membengkak.

4. Kentang
Makanan yang satu ini tidak hanya dikenal sangat baik membantu menurunkan berat badan Anda, namun juga sangat baik membantu meredakan wasir yang tengah Anda derita. Sebab, kentang memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu mendinginkan bagian tubuh yang sakit ketika hemoroid terjadi. Untuk menggunakannya, maka Anda cukup mengirisnya tipis-tipis dan memberikannya langsung pada bagian yang terasa sakit.

5. Cuka
Cuka diketahui mampu membantu meredakan bengkak dan membunuh bakteri yang ada di sekitar bagian yang terserang wasir. Cara untuk menggunakannya cukup mudah, Anda tinggal meneteskan dan mengoleskan cuka secara merata pada bagian anus guna mengurangi rasa nyeri dan bengkak yang Anda rasakan.

Lakukan tips diatas secara rutin hingga penyakit wasir Anda benar-benar sembuh. Diingatkan, menyembuhkan penyakit dengan cara alami atau tradisional ini berbeda dengan yang modern. Jadi perlu proses, tekad, usaha dan niat yang kuat agar bisa mencapai hasil yang diharapkan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)