Tips Menghindari Sakit Pinggang

16 April 2018 Artikel Kesehatan


Sakit pinggang (low back pain atau lumbago) adalah penyakit neurologis kedua paling umum setelah sakit kepala. Sakit pinggang dapat terjadi pada siapa pun. Penyebabnya cukup banyak mulai dari salah posisi postur tubuh, kurang minum, kelelahan, dan sebagainya. Sakit ini ada yang akut dan kronis. Dalam kondisi akut biasanya sembuh dalam beberapa hari atau minggu. Namun kalau sudah kronis bisa sampai beberapa bulan.

Sakit pinggang bisa dicegah dengan cara sebagai berikut:

  1. Hindari mengangkat beban dengan cara membungkuk. Tumpukan kekuatan pada kaki saat mengangkat barang. Posisi punggung sebisa mungkin tetap lurus. Hindari memutar badan saat mengangkat barang.
  2. Hindari duduk lama dengan posisi badan agak membungkuk agar terjadi keseimbangan titik berat badan. Sesuaikan pula tinggi kursi dengan meja hingga terasa nyaman untuk bekerja.
  3. Tidur sebaiknya dilakukan dalam posisi miring ke kanan. Ini berguna untuk mengurangi tekanan pada tulang belakang sekaligus tidak menekan bagian jantung.
  4. Jika sudah duduk terlalu lama, sebaiknya selingi dengan menggerakkan badan. Anda bisa berjalan-jalan sebentar atau melakukan peregangan agar otot-otot terasa rileks.
  5. Cukupi konsumsi nutrisi yang berguna untuk tulang dan otot, serta hindari berat badan berlebih. Nutrisi yan perlu dicukupi antara lain kalsium, fosfor, dan vitamin D.
  6. Berhentilah merokok. Pasalnya, benda haram ini dapat mengurangi aliran darah menuju tulang punggung bawah. Selain itu, cakram tulang belakang akan lebih mudah merasakan degenerasi.
  7. Olahraga teratur dapat mengurangi keluhan sakit pinggang. Semakin tubuh aktif, nyeri pinggang dapat dihindari.


Bila Anda memiliki sakit punggung, maka tidur akan menjadi sulit. Hal ini bisa menjadi lingkaran setan karena ketika Anda tidak mendapatkan tidur yang cukup, maka sakit punggung Anda mungkin bisa memburuk. Posisi tidur yang buruk juga dapat memperburuk nyeri punggung. Cobalah tidur dengan posisi miring. Tempatkan bantal di antara lutut Anda untuk menjaga tulang belakang Anda dalam posisi netral dan mengurangi tekanan pada punggung Anda. Jika Anda perlu tidur telentang, maka letakkan bantal di bawah lutut Anda. Pastikan untuk tidur di kasur yang kuat dan nyaman.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)