Tips Mencegah Makanan Rusak di Kulkas

11 Februari 2014 Artikel Kesehatan


Menyimpan makanan di dalam kulkas merupakan tempat yang paling tepat agar makanan tidak cepat rusak, tapi entah mengapa makanan pun masih bisa rusak dalam waktu yang cepat. Agar makanan tak rusak lagi, Mari kita coba beberapa tips di bawah ini.

Berikut beberapa langkah mencegah makanan rusak ketika disimpan di kulkas,

Posisi makanan yang teratur
Jangan menyimpan makanan di atas lemari es karena terlalu hangat dan jauhkan daging disimpan di rak bawah. Jaga suhu terendah yang cocok untuk susu, bukan ditaruh di bagian pintu karena tidak dingin.

Jangan menaruh apel di bagian rak bawah karena punya sifat mengeluarkan gas alami yang disebut ethylene. Ini bisa membuat sayuran layu, bahkan bisa membuat makanan lain membusuk. Sayuran lain bisa dibagi pada rak kulkas lainnya untuk tetap memberi penguapan pada sayuran berdaun.

Bahan makanan perlu di perhatikan
Perhatikan dalam menaruh bahan makanan di dalam kulkas, termasuk sayuran dan buah-buahan, jangan lebih dari kurun waktu tiga hari berada di dalam kulkas karena bahan makanan seperti itu sudah tidak layak di konsumsi atau sudah rusak.

Pasanglah termometer
Patricia Kendall, seorang profesor ilmu pangan dan gizi di Colorado State University, mengatakan bila makanan harus disimpan di dalam kulkas dalam suhu 1,6 derajat Celsius hingga 4,4 derajat Celsius) supaya tetap segar. Kebanyakan lemari es hanya berfungsi mengeluarkan udara dingin sehingga Anda bisa lebih variatif dalam menempatkan makanan.

Bekukan makanan
Untuk menangani sisa makanan, maka makanan yang dimasak seperti saus bisa bertahan selama empat hari. Daging dan makanan seperti salad biasanya bisa rusak lebih cepat dan hanya bertahan selama tiga hari. Jika tak segera dimakan maka bekukan sebagai gantinya.

Bedakan makanan dengan cara di beri label
Cara mudah melacak keberadaan makanan adalah menempatkan label pada wadahnya, juga supaya Anda tahu batas ketahanannya.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)