Tips Memutihkan Kulit

21 Maret 2016 Artikel Kesehatan   |    Mukti Effendi


Memiliki kulit yang bersih dan putih menjadi impian dan dambaan banyak orang. Mengapa tidak? Dengan kulit yang bersih, cerah, dan putih akan membuat rasa percaya diri seseorang menjadi meningkat.Tidak mengherankan jika kemudian banyak orang yang berupaya agar tampilan kulitnya lebih putih dan bersih. Berbagai upaya dilakukan. Ada yang menggunakan cara alami dan ada pula yang menggunakan cara modern dengan operasi maupun cara lain.

Nah, bagi Anda yang ingin agar kulit baik kulit tubuh maupun wajah menjadi putih, cerah, dan bersih, tips memutihkan kulit berikut bisa Anda terapkan.

Lakukan Perawatan dari Dalam
Cara terbaik untuk memutihkan kulit adalah melakukan perawatan kulit dari dalam. Berikut beberapa tips memutihkan kulit dari dalam yang cocok Anda terapkan.

  1. Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran secara rutin. Buah dan sayuran merupakan makanan penting bagi tubuh yang juga memiliki manfaat untuk memutihkan kulit dengan nutrisi dan zat alami yang terkandung di dalamnya.
  2. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan air putih setiap hari dengan jumlah cukup. Air putih selain mampu mengatasi dahaga, juga berkhasiat membuat kulit lebih sehat dan putih.
  3. Mengkonsumsi vitamin E dan C. Dua vitamin ini mampu membuat kulit menjadi cerah dan putih.
  4. Rutin berolahraga secara teratur. Olahraga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan membuat kulit lebih sehat. Aliran darah menjadi lancar yang efeknya sangat baik untuk kecerahan kulit.
  5. Hindari dan jauhi stres. Stres akan mengganggu keseimbangan pada kulit dan wajah Anda. Stres bisa memicu munculnya jerawat pada area wajah. Oleh karena itu, jauhi stres agar kulit tetap terjaga kesehatannya.
  6. Jauhi asap rokok. Asap rokok akan membuat kulit nampak kusam dan kering. Anda bisa menghentikan kebiasan merokok atau menjauhi lingkungan yang terpapar asap rokok.
  7. Tersenyumlah. enyum akan memancarkan pesona dan membuat kulit lebih sehat. Dampaknya bisa membuat kulit putih. Jauhi muka yang cemberut karena membuat Anda cepat menua.


Lakukan Perawatan dari Luar
Nah, cara merawat dan membuat kulit agar putih dari luar adalah dengan mengimbanginya melalui perawatan dari luar dengan bahan maupun produk yang aman dan seusia. Beberapa cara berikut bisa Anda aplikasikan.

  1. Bersihkan tubuh dengan mandi minimal 2 kali sehari menggunakan sabun yang cocok. Sedangkan untuk perawatan wajah bisa Anda lakukan dengan menggunakan air bersih baik pada pagi hari, siang maupun malam hari sebelum tidur dengan mencuci muka.
  2. Menggunakan masker wajah dari bahan alami seperti buah tomat, alpukat, bengkoang, madu, lidah buaya, minyak zaitun, putih telur, maupun bahan lain yang sesuai. Sedangkan untuk kulit bisa Anda lakukan dengan luluran dari bahan-bahan tersebut.
  3. Menggunakan produk-produk perawatan kulit seperti lotion, krim, atau produk lain yang aman bagi kulit. Cara seperti ini membantu membuat kulit lebih terjaga kelembabannya. Hindari penggunaan produk perawatan kulit yang meragukan, tidak aman, dan kadaluarsa.
  4. Lakukan perawatan melalui klinik atau salon kecantikan. Cara ini bisa Anda lakukan karena tempat-tempat tersebut memang membantu kulit agar nampak putih dan terjaga kesehatannya.


Itulah berbagai cara dan tips memutihkan kulit yang bisa Anda lakukan. Penting sekali jika Anda melakukan perawatan kulit pada waktu-waktu tertentu seperti misalnya pada pagi hari sebelum beraktivitas maupun malam hari sebelum tidur. Selamat mencoba!

(Penulis adalah pemilik www.bacatips.com
Tulisan lainnya bisa dilihat disini)