Tips Makan Sahur Sehat untuk Puasa Seharian

2 Juni 2019 Artikel Kesehatan


Sahur merupakan waktu makan yang sangat penting bagi orang yang akan berpuasa di bulan Ramadan. Agar Anda tidak lemas di siang hari, menu makanan yang dipilih haruslah sehat dan mengandung nutrisi yang lengkap.

dr Samuel Oetoro, MS, Sp.GK, dokter spesialis gizi klinik dari Siloam Hospital, mengatakan "Orang berpuasa itu yang paling penting tidak merasa lemas dan lapar di siang hari". Menurut Samuel, lemas dan lapar di siang hari terjadi karena kadar gula darah di dalam tubuh mulai menurun setelah dipakai untuk beraktivitas. Untuk menyiasatinya, pilihlah menu sahur yang tepat agar gula darah tetap stabil seharian. Menu sahur sehat adalah yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, lemak, sayur dan buah.

Berikut hal yang harus diperhatikan untuk sahur sehat.
1. Gizi Seimbang

Hal terpenting yang tidak boleh diabaikan dalam menu sahur adalah gizi seimbang. Tetap perhatikan kandungan karbohidrat, protein, serat, vitamin, dan mineral yang terkandung dalam asupan makan sahur Anda. Berpuasa membuat Anda harus menahan tidak makan dan minum selama seharian. Oleh karena itu, penting untuk menjaga keseimbangan gizi agar kesehatan tetap terjaga.

2. Pilih Protein Terbaik
Selain karbohidrat, Anda perlu memperhatikan asupan protein. Pada awal bulan puasa, tubuh kita masih melakukan penyesuaian diri. Oleh karena itu, penting bagi Anda memilih protein yang terbaik. Protein terbaik bisa diperoleh dari ikan dan telur. Saat berpuasa, Anda pun disarankan untuk meningkatkan kadar protein. Alasannya karena protein mampu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga tidak mudah sakit.

3. Ganti Nasi Putih
Untuk sumber karbohidrat yang baik, sebaiknya jangan gunakan nasi putih untuk makan sahur! Anda bisa mengganti nasi putih tersebut dengan nasi merah atau berbagai jenis umbi-umbian, seperti kentang dan singkong. Nasi putih tidak disarankan untuk makan sahur karena memberi efek kenyang yang hanya sesaat. Sementara itu, nasi merah atau umbi-umbian justru bisa memberi efek rasa kenyang yang lebih lama.

4. Perbanyak Sayur dan Buah Segar
Untuk memenuhi kebutuhan serat, Anda bisa mencukupinya dengan sayur segar. Usahakan selalu menyediakan sayur yang masih segar. Selain itu, pilihlah sayur-sayuran yang memiliki warna terang, seperti tomat, wortel, dan brokoli. Selain sayur, cukupi kebutuhan vitamin dalam tubuh dengan mengonsumsi buah-buahan segar. Lengkapi makan sahur Anda dengan buah yang membantu kekebalan tubuh selama berpuasa. Selain itu, buah dan sayur bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Dengan mengonsumsi buah dan sayur, tubuh akan menjadi lebih kuat sehingga tidak mudah terserang penyakit.

5. Jangan Tinggalkan Sahur
Inti dari semuanya ialah jangan pernah meninggalkan makan sahur. Makan sahur penting sebagai sumber energi bagi puasa yang akan Anda jalani. Namun, jangan makan terlalu kenyang! Makan terlalu kenyang saat puasa justru akan membuat lebih cepat merasa lapar dan mudah diserang rasa kantuk.

Jadi, makanlah dengan porsi yang wajar agar aktivitas tetap dapat berjalan lancar. Jika perlu, akhiri makan sahur dengan mengonsumsi vitamin.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)