Tips Diet Sehat untuk Membuat Tubuh Lebih Langsing

10 Juni 2016 Artikel Kesehatan   |    Mukti Effendi


Memiliki tubuh yang langsing dan sehat memang dambaan semua orang baik pria maupun wanita. Untuk itu sebaiknya Anda yang merasa memiliki tubuh yang gemuk mulailah untuk melakukan diet sehat untuk menurunkan berat badan secara aman dan alami. Perlu Anda ketahui bahwa sebelum melakukan diet sehat mulailahdengan mengetahui tips sehat yang sebaiknya dilakukan. Tujuannya tentunya agar tubuh tetap bugar walaupun dalam keadaan menjalani program diet.

Berikut ini beberapa tips diet sehat untuk membuattubuh lebih langsing yang sebaiknya dijalani:
1. Konsumsi sarapan

Apabila Anda ingin menjalani program diet agar lebih cepat berhasil maka usahakan mengkonsumsi makanan pagi atau sarapan. Jika Anda tidak sarapanmaka biasanya sebelum jam makan siang atau pun ketika makan siang akan banyak mengkonsumsi makanan dan juga camilan yang tidak sehat. Hal ini akan membuat tubuh menjadi lebih gemuk dari biasanya. Biasanya banyak orang yang tidak mengkonsumsi sarapan maka saat diet namun hal ini salah.

2. Jam makan pagi yang lebih cepat
Jika Anda biasanya mengkonsumsi makan pagi atau sarapan pada saat jam sembilan pagi. Maka ketika menjalani diet sebaiknya mengkonsumsi sarapan saat jam tujuh pagi. Dengan sarapan lebih pagi akan membuat pembakaran pada makanan akan menjadi lebih mudah dilakukan.

3. Perbanyak makan
Ada baiknya apabila Anda mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil dengan jenis makanan yang diperbanyak buah dan sayur. Dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur makan tubuh akan mudah mencerna makanan yang masuk. Bagitu pula dengan mengkonsumsi makanan dalam jumlah kecil namun banyak masuk ke dalam tubuh kita.

4. Salad buah atau sayur saat makan siang
Saat makan siang tentunya akan memilih jenis makanan berat dan berlemak tinggi apabila tidak sarapan. Namun ketika Anda telah sarapan maka perut akan terasa tidak terlalu lapar yang dirasakan. Apabila Anda melakukan diet disarankan memilih jenis salad buah atau sayur untuk makan siang. Apabila Anda mengkonsumsi salad buah atau sayur akan memiliki fungsi untuk dapat mengeluarkan lemak serta racun yang masuk ke dalam tubuh.

5. Konsumsi air putih
Anda juga sebaiknya mengkonsumsi air putih untuk membantu dalam proses metabolisme dan juga melancarkan program diet. Konsumsi air putih disarankan sebanyak delapan gelas setiap harinya secara rutin dilakukan. Direkomendasikan untuk dapat mengendalikan konsumsi makanan untuk program diet adalah dengan mengkonsumsi dua gelas air putih setengah jam sebelum mengkonsumsi makanan berat.

6. Buah dan sayur untuk menunda lapar
Apabila Anda termasuk orang yang mudah lapar padahal jam makan masih lama. Alangkah baiknya apabila mengkonsumsi buah dan sayur untuk menunda lapar yang dirasakan tubuh. Konsumsi setidaknya lima porsi buah dan sayur setiap harinya. Tidak hanya membantu program diet buah dan sayur juga akan membantu dalam menurunkan resiko penyakit jantung koroner.

7. Hindari konsumsi makanan memicu gemuk
Anda sebaiknya menghindari konsumsi makanan yang menyebabkan tubuh mudah gemuk. Beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari adalah yang mengandung kafein, snack, alkohol, bergula tinggi dan masih banyak lagi.

8. Menjalani olah raga
Untuk memaksimalkan tips diet sehat tersebut langkah yang terakhir yang dilakukan adalah menjalani olah raga secara rutin. Dalam menjalaniolah raga tidak perlu lama namun rutin dilakukan setiap hari.

Itulah tips diet sehat untuk membuat tubuh lebih langsing. Semoga menjadi inspirasi bagi Anda semua.

(Penulis adalah pemilik www.bacatips.com
Tulisan lainnya bisa dilihat disini)