Tips Diet Sehat Saat Bulan Ramadhan

29 Juni 2016 Artikel Kesehatan


Di saat berpuasa, tubuh mengalami banyak kekurangan energi, karena harus menahan diri dari lapar dan haus selama lebih dari 12 jam. Sehingga sebaiknya Anda memilih santapan yang sehat untuk sahur dan berbuka puasa. Jika Anda menjalani ibadah puasa ini dengan baik, maka ibadah puasa ini dapat menjadi momen yang tepat untuk menurunkan berat badan. Menurunkan berat badan selama puasa bukan hal yang mustahil untuk dilakukan. Asalkan pola makan yang diterapkan sudah benar maka berat badan Anda akan berkurang saat Ramadhan. Berikut beberapa tip diet sehat yang bisa dilakukan selama Ramadhan.

Sahur dan berbuka

Jika ingin menjaga berat badan agar tetap ideal selama Ramadhan, sebaiknya jangan sampai Anda melewatkan waktu untuk sahur dan berbuka. Hindari makanan yang tidak sehat seperti junk food, perbanyak konsumsi makanan sehat seperti buah-buahan dan sayur serta makanan yang bergizi.

Berolahraga

Disaat puasa jangan malas berolahraga. Tetap jalankan rutinitas olahraga Anda seperti biasanya, pilihlah jenis olahraga yang ringan sesuai kekuatan yang Anda miliki. Dengan berolahraga maka banyak kalori dalam tubuh yang akan terbakar dengan cepat.

Menu sahur

Saat sahur, sebaiknya mengkonsumsi makanan yang cocok untuk diet seperti telur, susu, buah, sayur, serta karbohidrat kompleks yang terkandung dalam gandum utuh atau oatmeal. Perbanyaklah minum air putih.

Menu berbuka

Hanya karena rasa lapar yang sudah Anda tahan selama lebih dari 12 jam, lantas Anda ‘balas dendam’ dengan cara makan secara berlebihan sewaktu tiba untuk berbuka puasa. Makanlah pelan-pelan dan secukupnya saja. Jangan sampai Anda kekenyangan sehingga tidak bisa melanjutkan aktivitas setelahnya. Hindari makanan berminyak seperti gorengan saat berbuka karena hanya akan merusak program diet Anda. Berbukalah dengan makanan yang sehat seperti kurma, nasi dengan sayuran dan lauk pauk yang memiliki cukup protein guna mendukung program penurunan berat badan Anda.

Selamat mencoba, semoga diet Anda berhasil.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)