Tips Berpuasa Saat Perjalanan Mudik Lebaran

20 Juni 2017 Artikel Kesehatan


Menjelang Idul Fitri, banyak orang khususnya para perantau akan beramai-ramai untuk mudik. Sebagian orang akan lebih memilih untuk mudik lebih awal demi menghindari arus mudik besar-besaran. Adapun beberapa persiapan yang bisa Anda lakukan saat berpuasa selama perjalanan mudik lebaran.

Jaga kebugaran tubuh

Sangat penting untuk menjaga kesehatan selama puasa, apalagi saat perjalanan mudik lebaran. Konsumsilah makanan yang bergizi dan bernutrisi yang dapat membantu agar tubuh tetap bugar selama perjalanan.

Siapkan kebutuhan mudik

Siapkan tiket dan kebutuhan Anda selama perjalanan mudik, seperti obat pusing, anti-mabuk, dan sebagainya.

Bawa bekal

Membawa bekal selama perjalanan mudik sangat diperlukan khususnya untuk Anda yang mempunyai anak kecil. Bawalah bekal makanan dari rumah karena makanan yang Anda buat sendiri jauh lebih terjamin gizinya jika dibandingkan dengan makanan yang Anda beli di perjalanan. Selain lebih sehat dan higienis, Anda juga bisa berhemat dan anak Anda juga tidak akan rewel minta jajan.

Penginapan

Mudik dengan membawa kendaraan pribadi tentunya akan melelahkan. Siapkan reservasi penginapan jauh hari sebelum Anda mudik. Saat mengantuk atau lelah, jangan memaksakan diri untuk mengemudi karena justru akan membahayakan diri Anda sendiri.

Jaga keselamatan Anda selama perjalanan, jangan tergesa-gesa dan ugal-ugalan saat berkendara. Beristirahatlah jika Anda mulai merasa lelah dan mengantuk.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)