Tips Bebas was-was Gunakan Tangga

23 Desember 2010 Artikel Kesehatan


Menjelang Hari Raya Natal Anda tentunya sudah tak sabar lagi untuk segera mendekorasi pohon ataupun rumah guna mendukung suasana hari raya yang meriah. Untuk dekorasi, biasanya Anda membutuhkan bantuan tangga untuk menggapai tempat-tempat yang sulit dijangkau. Namun, jangan sembarangan meletakkan tangga di sekitar rumah terutama bagi Anda yang memiliki anak kecil.

Di Amerika Serikat saja, antara 2000 dan 2003, diperkirakan 17.500 orang terpaksa dirawat di rumah sakit akibat aktivitas mendekorasi rumah dan sekitar 43 persennya disebabkan terjatuh dari tangga.

Maka itulah, Akademi Ahli Bedah Amerika memberikan beberapa tips untuk menaruh tangga supaya Anda dan keluarga terhindar dari bahaya.

1. Taruh tangga pada lantai atau permukaan yang rata. Jangan ditaruh pada permukaan yang empuk, berlumpur, seperti di tanah.

2. Jauhkan kaki tangga dari dinding atau tempatnya bersandar setidaknya sejauh satu kaki.

3. Gunakan tangga yang memang sesuai untuk mendekorasi rumah . Saat mengerjakan sesuatu dalam ketinggian rendah atau sedang, bila memungkinkan gunakan saja kursi. Tangga sebaiknya digunakan di luar ruangan saja.

4. Saat berdiri di tangga, berhati-hatilah ketika tengah menarik atau mendorong sesuatu dari rak atau saat menempelkan lampu hiasan. Selalu usahakan memosisikan tangga dekat dengan sesuatu yang hendak diraih guna meminimalisasi risikonya.

5. Jangan pernah gunakan tangga untuk duduk karena tangga tidak didesain untuk menahan berat badan Anda.

Sumber: mediaindonesia.com