Tips Bakar Kalori dengan Jalan Kaki

2 Desember 2010 Artikel Kesehatan


Anda tak perlu menjadi seorang atlet sungguhan untuk mendapatkan manfaat maksimal dari berolahraga dengan mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal. Nyatanya, hanya dengan berjalan selama 20 menit setiap harinya, Anda bisa menambah kecepatan tubuh sehingga metabolisme meningkat dan lebih banyak kalori yang terbakar jika dibandingkan dengan hanya berolahraga dengan kecepatan stabil.

Berikut tujuh tips untuk membantu Anda mendapatkan manfaat maksimal dari berjalan kaki:

1. Pakailah sepatu yang nyaman seperti sepatu ghaya kasual, sepatu olahraga, atau sepatu khusus untuk berlari. Hindari kaus kaki berbahan katun dan pilih yang berbahan sintetis. Dengan begitu keringan di kaki akan terserap dan kaki pun akan senantiasa kering.

2. Setiap kali berjalan kaki, mulailah dengan berjalan pelan dan ringan. Itu merupakan pemanasan awal untuk otot sebelum Anda melakukan gerakan yang lebih berat.

3. Tetap jaga postur tubuh saat berjalan. Tahan perut dan busungkan dada sehingga dagu bisa sejajar dengan tanah. Karena, berjalan kaki dengan dagu berada di depan bisa menyebabkan sakit leher dan punggung.

4. Untuk setiap langkahnya, pijakkan kaki dengan benar hingga tumit dan ujung jari terasa menempel ke tanah. Dengan begitu otot bokong dan paha belakang akan terlatih.

5. Pakailah jam tangan atau bawa stopwatch untuk mencatat waktu supaya Anda tahu berapa catatan kemampuan setiap latihan dan termotivasi untuk meningkatkannya.

6. Yang terakhir, ingatlah lebih baik Anda melakukan jalan kaki meski sebentar ketimbang tidak sama sekali. Seiring dengan waktu, lakukanlah peningkatan secara bertahap. Jangan memaksakan diri. Bila merasa tidak kuat, istirahatlan selama 15-20 menit.

Sumber: mediaindonesia.com