Tips Agar Tidak Ketularan Flu

20 Agustus 2010 Artikel Kesehatan


Flu memang dipandang sebagai penyakit ringan oleh sebagian orang walau sering memalukan bila harus bertemu dengan rekanan atau dalam keluarga. Perlu perlindungan tubuh agar tidak mudah tertular penyakit yang sangat mudah menular ini, yaitu dengan menjaga perilaku hidup bersih dan sehat.

Perilaku sehat dimuali dari kontrol pola makan, kegiatan sehari-hari hingga kebiasaan kecil yang dapat memengaruhi tinggi-rendahnya kadar imunitas tubuh terhadap serangan infeksi virus influensa tersebut. Pastikan melakukan langkah-langkah berikut ini demi menjaga kondisi tubuh terhindar dari serangan infeksi influenza yang ditulis klikdokter.

-Memastikan kebutuhan suplemen gizi tubuh tercukupi dalam membekali kegiatan keseharian.

-Menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga.

-Tidak merokok, karena dengan merokok, akan semakin memudahkan proses infeksi influenza.

-Memastikan persediaan pasokan keperluan kesehatan di rumah

-Mencari informasi terkini perkembangan pandemi influenza

Disamping itu, esensi menjaga higienitas tubuh dan perilaku juga penting. Beberapa hal kebiasaan yang kerap kali dilupakan pada masyarakat karena masih rendahnya kesadaran perilaku higienitas adalah

-Tutup hidung dan mulut dengan saputangan atau tisu ketika bersin atau batuk. Hindari menutup hidung atau mulut dengan tangan kosong, karena akan semakin memudahkan penyebaran virus lebih lanjut pada benda-benda yang kemudian terpegang.

-Gunakan tisu ketika membersihkan hidung dan buang segera ke tempat sampah tertutup setelah menggunakan. Hindari memegang atau menyimpan tisu bekas membersihkan hidung.

- Bersihkan tangan setelah batuk, bersin atau bahkan menyentuh benda perabotan yang memiliki potensi kontaminasi virus dari pengguna sebelumnya.

-Jika menggunakan masker, buang segera dengan hati-hati setelah digunakan dan bersihkanlah tangan Anda.

-Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun (lebih dianjurkan) atau dengan lotion pembersih tangan.

-Mencuci tangan minimal selama 20 detik. Pastikan pula seluruh pelosok sisi jari dan tangan terkena usap sabun dan air dengan seksama.

-Jadilah pribadi yang waspada setiap kali menyentuh barang apapun, (gagang pintu, mouse keyboard, rel tangga, dll).

-Hindari proses jabat tangan, cium pipi, dan ritual sosial yang melibatkan kegiatan sentuhan fisik pada orang yang terinfeksi virus.

-Berhati-hatilah jika lingkungan sekitar radius 10 meter terjadi aktivitas bersin maupun batuk. Tutup segera saluran pernapasan dengan masker atau saputangan yang bersih dan steril.

Sumber: tribunnews.com