Tingkatkan Konsentrasi dan Rasa Percaya Diri Anak dengan Yoga

6 Desember 2014 Artikel Kesehatan


Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan Yoga. Yoga merupakan praktek yang menitikberatkan pada penyatuan pikiran, tubuh dan jiwa, serta membangkitkan koneksi antara manusia dan lingkungannya. Tak dapat dipungkiri, yoga menjadi salah satu kegiatan favorit untuk penghilang stress dan melatih konsentrasi seseorang.

Tidak hanya berlaku pada orang dewasa saja, anak-anak pun tak bisa terlepas dari serangan stres dan hal negatif lainnya. Bagi anak-anak jaman sekarang, yang selalu disibukan dengan aktivitas yang cukup padat entah itu dari sekolah, les, ektrakulikuler dan lain lain memang latihan yoga dirasa perlu. Apalagi jika anak Anda memiliki masalah dalam konsentrasi. Dengan latihan yoga, anak menjadi lebih santai serta lebih mudah konsentrasi terhadap kesehariannya.

Latihan yoga mendorong anak-anak untuk membersihkan pikiran mereka dan fokus. Beberapa gerakan dalam yoga mampu melatih anak untuk lebih fokus dalam segala aktifitasnya. Menurut beberapa penelitian ,yoga akan membantu anak-anak fokus dan berkonsentrasi di sekolah agar mendapatkan nilai yang lebih baik.

Selain meningkatkan konsentrasi pada anak, yoga juga membantu anak-anak menanamkan rasa percaya diri. Ketika si anak berlatih yoga secara rutin dan sudah mulai bisa melakukan gerakan-gerakan tertentu, ini akan membantu meningkatkan rasa percaya dirinya yang tentunya sangat berguna dalam kehidupan sosial di luar rumah.

Yoga pada anak, pastinya tidak sama dengan gerakan yoga untuk orang dewasa. Gerakan yoga pada anak lebih dibentuk sedemikian rupa dengan diungkapkan dalam bentuk cerita dongeng. Latihannya juga didukung oleh iringan musik sesuai jalan cerita.

Berbeda dengan gerakan yoga untuk orang dewasa, gerakan yoga anak-anak lebih dikreasikan seperti permainan yang atraktif. Gerakannya biasanya diungkapkan dalam bentuk cerita seperti dongeng. Latihannya pun didukung dengan iringan musik yang sesuai jalan cerita.

Lakukanlah 2 - 3 kali dalam seminggu. Semoga dengan latihan yoga, akan sangat bermanfaat untuk anak Anda dan mampu meningkatkan konsentrasi serta percaya dirinya.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)