Tingkatkan Konsentrasi Anak dengan Buah Pisang

6 Mei 2016 Artikel Kesehatan


Pisang merupakan buah yang padat nutrisi dan energi. Seringkali kita jumpai pisang menjadi buah yang paling banyak diberikan untuk anak bayi karena teksturnya yang lembut. Tidak hanya itu, kita bisa dengan mudah menemukan pisang di pusat-pusat perbelanjaan mulai dari pasar tradisional, minimarket hingga mall-mall sekalipun.

Banyak kalangan yang menggemari buah pisang ini, mulai dari balita hingga mereka yang berusia lanjut. Para ibu pun banyak yang menjadikan pisang sebagai menu bekal buah hati saat pergi ke sekolah. Buah pisang yang sudah masak, bisa dimakan secara langsung atau dijadikan olahan lain. Menu pisang goreng, keripik pisang, dan lain sebagainya adalah bentuk olahan lain dari pisang.

Di Negara barat banyak yang menjadikan pisang sebagai menu sarapan bersama sereal dan susu. Sebuah tempat pusat kajian buah-buah tropika melakukan penelitian terhadap 200 anak usia sekolah di Inggris dengan memasukkan pisang ke dalam menu sarapan mereka. Selain untuk sarapan, buah pisang juga diberikan saat mereka ngemil sewaktu istirahat dan juga ketika menyantap makan siang.Penelitian tersebut dilakukan saat anak-anak akan menghadai ujian. Beberapa waktu kemudian, tampak kosentrasi anak meningkat dari sebelumnya.

Seorang dokter mengatakan, pisang mengandung zat kalium yang mampu meningkatkan konsentrasi anak. Selain itu, buah pisang mengandung vitamin B yang cukup tinggi yang berfungsi membantu mempertahankan aktivitas kerja syitem syaraf. Hal inilah yang membuat konsentrasi anak dapat bertahan lebih lama.

Banyak manfaat yang terdapat di dalam buah pisang, selain mampu mencegah stres, buah pisang membantu meningkatkan daya pikir, membantu mengobati radang pencernaan dan menyehatkan mata.

Jadi, ayo tambahkan menu buah pisang untuk makanan Anda sehari-hari.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)