Tiga Langkah Cegah Diabetes

20 Juli 2010 Artikel Kesehatan


ANDA bisa mencegah perkembangan penyakit diabetes tipe 2. Cobalah melakukan perubahan gaya hidup. Perubahan kecil sekalipun akan membuat perbedana besar. Selain itu, tidak pernah ada kata terlambat untuk membuat pilihan lebih sehat.
Pertahankan berat badan sehat
Untuk mengetahui apakah Anda kelebihan berat badan, cobalah melihat daftar indeks massa tubuh. Menurunkan sebanyak 4,5 hingga 9,1 kg berat badan bisa membantu mengurangi risiko mengalami diabetes.

Olahraga teratur
Olahraga cukup bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2. Cobalah melakukan aktivitas fisik yang meningkatkan detak jantung. Lakukan aktivitas fisik tingkat sedang paling tidak 2,5 jam seminggu. Atau cobalah melakukan aktivitas kuat paling tidak 1,25 jam seminggu.

Selain itu, masukkan latihan peregangan dalam program olahraga Anda. Latihan peregangan termasuk akivitas seperti angkat beban atau berkebun. Tidak berarti Anda harus melakukan aktivitas kuat atau mengikuti program gym yang mahal. Semua aktivitas yang meningkatkan detak jantung bisa mendatangkan manfaat sama.

Konsumsi makanan sehat
Konsumsi diet seimbang, termasuk whole grain, daging rendah lemak dan sayur-sayuran.
1. Batasi asupan lemak jenuh
2. Batasi alkohol
3. Batasi kalori untuk mencegah pertambahan berat badan atau untuk membantu menurunkan berat badan
4. Kurangi asupan minuman ringan, makanan bergula dan makanan cepat saji
5. Makan lebih sering dengan porsi lebih kecil untuk menjaga kestabilan kadar gula darah

Memperbanyak asupan sayur-sayuran, whole grain, dan kacang-kacangan bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2. Sedang mengonsumsi banyak makanan bergula, fast food, dan daging merah (khususnya daging merah olahan) dan minum banyak minuman ringan bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2. (IK/OL-06)

Sumber: mediaindonesia.com